Bugar

8 Manfaat Kesehatan Jeruk Nipis yang Sayang untuk Dilewatkan, Cek di Sini

8 Manfaat Kesehatan Jeruk Nipis yang Sayang untuk Dilewatkan, Cek di Sini

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda bahwa jeruk nipis menyimpan sejumlah manfaat kesehatan, lo. Apa saja manfaat kesehatan jeruk nipis sebenarnya?

Jeruk nipis seringkali menjadi pelengkap berbagai masakan hingga minuman. Rasanya yang asam dan segar disukai oleh banyak orang. 

MomsMoney akan membagikan sejumlah manfaat kesehatan jeruk nipis pada kesempatan kali ini. Merangkum dari laman Healthline dan Health, inilah manfaatnya:

1. Sumber antioksidan

Jeruk nipis kaya akan antioksidan seperti flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat, yang melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan ini dikaitkan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker.

Baca Juga: Yuk, Konsumsi Jus untuk Menurunkan Gula Darah yang Ampuh Ini, Ada 10 Pilihan

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan dengan meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan infeksi. Juga, vitamin C mempercepat penyembuhan luka dan merangsang produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit.

3. Menurunkan tekanan darah

Studi menunjukkan bahwa vitamin C dalam jeruk nipis dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap aterosklerosis, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Minum Susu?

4. Meningkatkan penyerapan zat besi

Konsumsi jeruk nipis juga meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati. Ini sangat bermanfaat bagi individu yang mengikuti diet vegetarian atau vegan untuk menghindari anemia defisiensi besi.

5. Menurunkan risiko kanker

Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa dalam jeruk nipis, seperti flavonoid, dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Jeruk nipis dapat menghambat gen yang memicu pertumbuhan kanker dan menghambat pertumbuhan serta penyebaran sel kanker di beberapa organ.

Baca Juga: Perhatikan! Ini 5 Gejala Asam Urat pada Kaki yang Penting untuk Dikenali

6. Mencegah batu ginjal

Selain itu, asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah pembentukan batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral dalam urin.

7. Melindungi dari bakteri Helicobacter pylori

Selain itu, jeruk nipis dapat melindungi dari infeksi bakteri Helicobacter pylori, yang terkait dengan tukak lambung dan gastritis. Kandungan senyawa bioaktif dalam jeruk nipis, seperti flavonoid, menawarkan manfaat anti-inflamasi, antioksidan, dan antikanker yang melindungi dari infeksi ini.

Baca Juga: Wajib Waspada! Inilah Berbagai Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

8. Menyehatkan jantung

Untuk kesehatan jantung, jeruk nipis mengandung flavonoid dan vitamin C yang meningkatkan produksi oksida nitrat, penting untuk vasodilatasi dan pengaturan tekanan darah.

Flavonoid dalam jeruk nipis, seperti hesperidin, menawarkan efek kardioprotektif yang dapat mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

Nah, itulah manfaat kesehatan jeruk nipis yang sayang untuk dilewatkan. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News