Santai

Daftar Bunga Tahan Cuaca Panas Ekstrem serta Cara Merawatnya

Daftar Bunga Tahan Cuaca Panas Ekstrem serta Cara Merawatnya

MOMSMONEY.ID - Cuaca panas ekstrem membuat sejumlah tanaman layu hingga mati. Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa bunga tahan cuaca panas ekstrem. 

Bunga tahan cuaca panas ini dapat Anda rawat dengan mudah. Selain perawatan yang mudah, bunga tahan cuaca panas ini juga mudah ditemukan. 

Salah satu bunga tahan cuaca panas ekstrem yang mudah ditemukan, yaitu marigold. 

Lalu, apa saja daftar bunga tahan cuaca panas ekstrem yang dapat dirawat dengan mudah? Berikut ini daftar bunga tahan cuaca panas ekstrem yang mudah dirawat. 

1. Mawar

Tanaman tahunan berumur pendek ini berasal dari Eropa Selatan. Ia menawarkan dedaunan abu-abu perak berbulu lembut dan bunga magenta atau merah muda. Rose campion mentolerir merupakan bunga musim panas dengan mudah perawatannya. 

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Tabebuya yang Bikin Suasana Jadi Mirip di Jepang

2. Egyptian Star Flower

Semak semi tropis ini menghasilkan kumpulan bunga kaya nektar dengan warna merah jambu, merah, dan ungu cerah. Ia menyukai lingkungan yang panas dan lembab dan tumbuh subur di iklim hangat.

3. Bunga Kipas

Bunga kipas adalah tanaman tahunan yang selalu hijau yang sering ditanam sebagai tanaman tahunan. Tanaman tahan panas yang tumbuh cepat ini tumbuh kuat di cuaca panas hingga hangat tanpa rasa khawatir.

4. Blanket Flower

Bunga abadi yang berumur pendek ini menampilkan bunga mekar seperti bunga aster yang kaya warna. Ia tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dan dapat mentolerir suhu musim panas yang terik.

Baca Juga: 6 Tips Pintar Simpan Sayuran Hijau Supaya Awet Selama Seminggu Penuh

5. Zinnia

Tahan panas ini menampilkan pelangi warna-warna cerah seperti merah jambu, ungu, merah, dan krem. Ia tahan terhadap angin dan suhu tinggi dan tumbuh subur di dalamnya.

Itulah beberapa bunga tahan cuaca panas matahari. Lalu, bagaimana cara merawatnya di cuaca panas ini?

1. Lindungi tanaman dari sinar matahari 

Pindahkan tanaman beberapa inci lebih jauh dari jendela atau bahkan dinding jika dinding Anda biasanya memanas saat cuaca sangat panas di luar ruangan. 

Jendela yang terkena sinar Matahari langsung bisa jauh lebih panas dari biasanya, terutama di sore hari. Jadi, pastikan tidak ada tanaman yang menyentuh kaca secara langsung untuk menghindari daun yang hangus.

2. Pastikan siram tanaman 

Pastikan tanaman disiram dalam-dalam sebelum cuaca panas, jika memungkinkan, dan seperti biasa, pastikan tanah terendam secara merata.

Anda bahkan mungkin perlu menyiram setiap hari atau dua hari sekali tergantung pada tanaman dan durasi cuaca panas. 

Sirami di pagi hari jika memungkinkan, tetapi jika Anda melihat tanaman layu atau membutuhkan air kapan saja di siang hari, segera sirami.

Jangan lupa untuk memeriksa stek, tanaman air seperti bola lumut, baki kerikil, dan pelembap atau air di dalamnya juga akan menguap lebih cepat. 

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Layu di Cuaca Panas, Begini Tips agar Tetap Bertahan

3. Tambahkan kelembapan ke udara

Dalam cuaca panas kering, berikan pelembab udara yang lebih banyak sehingga akan membantu tanaman melawan penguapan yang cepat. Cara termudah untuk melakukan ini adalah memberi mereka semprotan. 

4. Simpan tanaman dalam ruangan 

Jangan membawa tanaman dalam ruangan ke luar untuk disiram. Sebab, tanaman dalam ruangan yang dibawa keluar bisa kaget atau syok karena cuaca panas yang ada di luar ruangan. 

Hal tersebut berlaku berapapun durasi yang Anda lakukan kepada tanaman dalam ruangan tersebut. 

Itulah informasi mengenai daftar bunga tahan cuaca panas ekstrem yang dapat Anda rawat dengan mudah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News