Keluarga

Cuaca Panas Berlebih Bikin Orang Dengan Kondisi Ini Mudah Dehidrasi Lo!

Cuaca Panas Berlebih Bikin Orang Dengan Kondisi Ini Mudah Dehidrasi Lo!

MOMSMONEY.ID - Yuk simak daftar orang dengan kondisi di bawah ini yang rentan mengalami dehidrasi!

Melansir berbagai sumber, dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh lebih banyak kehilangan cairan ketimbang jumlah cairan yang masuk Gejalanya mulai dari lemas, bibir kering, sulit konsentrasi hingga kehilangan kesadaran.

Adapun penyebab seseorang mengalami dehidrasi pun beragam. Mulai dari cuaca panas yang berlebih, muntah dan diare. Sebenarnya setiap orang bisa mengalami dehidrasi, namun ada orang-orang dengan kondisi khusus yang lebih berisiko mengalami dehidrasi. 

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi saat Dehidrasi

Ini daftar orang yang lebih rentan mengalami dehidrasi

Bayi dan anak-anak
Bayi cukup rentan mengalami dehidrasi karena berat badannya yang masih rendah dan laju metabolisme cukup tinggi. Kondisi ini yang membuat bayi lebih sensitif jika kehilangan cairan meski jumlahnya hanya sedikit. 

Lansia
Lansia biasanya kurang memperhatikan konsumsi cairan, sehingga mereka akan lebih jarang minum. Kondisi ini membuat lansia lebih mudah mengalami dehidrasi apalagi saat cuaca panas. 

Atlet
Atlet akan lebih banyak mengalami kehilangan cairan tubuh karena aktivitas yang berat. Ini membuat para atlet jika tidak memperhatikan asupan cairan tubuh mudah dehidrasi. 

Dehidrasi juga rentan dialami oleh mereka yang berolahraga di tempat lembap dan panas. Saat udara lembap, keringat yang dihasilkan tubuh tidak mampu menguap dan mendinginkan suhu tubuh seperti kondisi normal. 

Pengidap diare, muntah dan demam
Saat Anda mengalami diare dan muntah, cairan pada tubuh banyak hilang. Jika tidak segera diobat dan diimbangi dengan banyak minum air mineral, maka akan rentan mengalami dehidrasi. 

Baca Juga: Bangun Pabrik Panel Surya, Sinar Mas Gandeng Trina Solar dan PLN

Begitu pula dengan penderita demam. Saat demam tubuh akan berusaha menjaga suhu tubuh dengan cara mengeluarkan keringat. Jika keringat yang dikeluarkan secara berlebihan maka akan lebih rentan terkena dehidrasi. 

Hamil dan menyusui
Ibu hamil lebih rentan terkena dehidrasi karena adanya pembesaran ukuran rahim yang membuat kandung kemih mendapat tekanan berlebih. Kondisi ini membuat ibu hamil sering buang air kecil, terlebih saat hamil trimester tiga. 

Ibu menyusui juga rentan terkena dehidrasi karena banyak cairan tubuh yang keluar untuk memenuhi asupan ASI bayi. Jadi ibu hamil perlu banyak minum.

Itu tadi daftar orang yang rentan terkena dehidrasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News