BisnisYuk

Bangun Pabrik Panel Surya, Sinar Mas Gandeng Trina Solar dan PLN

Bangun Pabrik Panel Surya, Sinar Mas Gandeng Trina Solar dan PLN

MOMSMONEY.ID - Sinar Mas menggandeng Trina Solar Co. Ltd., PT Agra Surya Energy, dan PT PLN (Persero) dalam membangun pabrik sel serta modul surya di Kendal, Jawa Tengah.

Mereka melakukan penandatanganan kerjasama pembentukan perusahaan patungan dalam Forum Bisnis Indonesia-Republik Rakyat China di China World Hotel, Beijing, pada Senin (16/10/2023).

Ini menjadi upaya bersama Sinar Mas mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan sebagai pendorong industrialisasi di Indonesia yang lebih efisien, ramah lingkungan berkelanjutan.

"Kemitraan ini memungkinkan laju industrialisasi di Indonesia berlangsung secara berkelanjutan karena potensi energi baru dan terbarukan tersedia melimpah," kata Managing Director Sinar Mas Ferry Salman setelah penandatanganan yang disaksikan langsung Presiden Joko Widodo.

"Yang secara bersamaan, pemanfaatannya juga turut membentuk ekosistem ekonomi hijau di Indonesia," ujarnya.

Dalam kegiatan yang digagas oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia Komite Tiongkok ini, Sinar Mas bersama para mitra melanjutkan shareholders agreement pembentukan perusahaan patungan yang telah berlangsung di Jakarta, Rabu (11/10) lalu. 

Baca Juga: Berbalik Menguat, Harga Emas Antam Naik Rp 3.000 Hari Ini 18 Oktober

Saat itu, Sinar Mas Board Member Franky Oesman Widjaja menyatakan, upaya kolaborasi ini penting dilakukan sejalan dengan komitmen bersama mendukung transisi ke sumber energi terbarukan. 

"Ini akan menjadi langkah yang sangat progresif untuk mengakselerasi pemanfaatan energi terbarukan, di mana proyek yang kita lakukan ini mempunyai banyak ruang untuk terus dikembangkan ke depan," ungkap dia.

Sebelumnya, anak usaha Sinar Mas, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk, PT Agra Surya Energy, dan Trina Solar yang bersama-sama membentuk PT Agra Surya Energy, dengan menggandeng PLN Indonesia Power Renewables, pada bulan Agustus lalu.

Perusahaan patungan bernama PT Trina Mas Agra Indonesia ini telah memulai pembangunan pabrik sel dan panel surya terbesar di Indonesia yang berada di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah.

Menurut Ferry, selain pembangunan pabrik panel sel serta panel surya bernilai investasi lebih dari US$ 100 juta di Kendal, Sinar Mas juga telah mendorong pemanfaatan energi surya secara meluas di berbagai fasilitasi produksi serta areal kelolaan pilar bisnisnya.

Kemudian, pengembangan kota pintar mengedepankan konstruksi bangunan hijau, berikut berfokus pada pengembangan bahan bakar nabati berbasis minyak kelapa sawit mentah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News