Bugar

Gampang Lapar dan Haus, Ketahui Ciri-ciri Diabetes Tipe 1, yuk!

Gampang Lapar dan Haus, Ketahui Ciri-ciri Diabetes Tipe 1, yuk!

MOMSMONEY.ID - Diabetes merupakan penyakit yang perlu diwaspadai. Inilah ciri-ciri diabetes tipe 1 yang penting Anda ketahui!

Diabetes tipe 1 adalah kondisi kronis di mana pankreas tidak menghasilkan insulin yang cukup, hormon yang mengatur kadar gula darah. Penting untuk mengetahui gejala awal diabetes tipe 1 karena penanganan dini dapat membantu mengendalikan kondisi ini dan mencegah komplikasi serius.

Salah satu gejala umum yang sering diabaikan adalah perasaan lapar dan haus yang berlebihan. Bersumber dari Mayo Clinic, mari kita bahas lebih lanjut tentang ciri-ciri diabetes tipe 1.

1. Gampang lapar

Perasaan lapar yang terus-menerus, bahkan setelah makan, bisa menjadi tanda awal diabetes tipe 1. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi dengan efektif, menyebabkan kelaparan terus-menerus.

Baca Juga: Sering Menjadi Buah Bibir, Apakah Diabetes Penyakit Keturunan?

2. Haus berlebihan

Salah satu gejala awal diabetes tipe 1 adalah rasa haus yang meningkat secara signifikan. Ini disebabkan oleh tingginya kadar gula darah yang membuat tubuh mencoba mengeluarkannya melalui urine. Kondisi tersebutlah yang membuat kebutuhan akan asupan cairan meningkat.

3. Frekuensi buang air kecil yang tinggi

Seiring dengan rasa haus yang meningkat, frekuensi buang air kecil juga sering meningkat pada penderita diabetes tipe 1. Hal ini terjadi karena ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan menyingkirkan kelebihan glukosa dalam darah.

Baca Juga: Apa Saja Tanda Gula Darah Tinggi pada Wanita?

4. Penurunan berat badan yang tidak terduga

Penurunan berat badan yang tidak dijelaskan, meskipun makan dalam jumlah normal atau lebih, sering terjadi pada individu dengan diabetes tipe 1. Ini terjadi karena tubuh mulai membakar lemak dan otot untuk energi akibat kekurangan insulin.

5. Perubahan suasana hati

Perubahan mood, seperti mudah tersinggung atau perubahan suasana hati yang lain, juga dapat menandakan diabetes tipe 1. Perubahan kadar gula darah dapat memengaruhi emosi dan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

Baca Juga: Cara Mencegah Asam Urat, Salah Satunya Ubah Pola Makan Anda!

6. Kelelahan

Rasa lelah dan kelemahan yang konstan adalah gejala umum lain dari diabetes tipe 1. Ini disebabkan oleh ketidakcukupan glukosa yang masuk ke dalam sel tubuh, yang mengakibatkan kurangnya energi.

7. Penglihatan buram

Ketidakjelasan atau kaburnya penglihatan bisa jadi tanda awal diabetes tipe 1. Kondisi ini terjadi karena perubahan tingkat glukosa dalam darah yang mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus.

Itulah beberapa ciri-ciri diabetes tipe 1. Diabetes tipe 1 adalah kondisi yang memerlukan perhatian serius dan pengelolaan yang tepat. Dengan diagnosis dan pengelolaan yang tepat, orang dengan diabetes tipe 1 dapat menjalani kehidupan yang sehat dan aktif. Jadi, jangan abaikan gejala-gejala tersebut dan berkonsultasilah dengan dokter jika Anda mengalami salah satunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News