Bugar

10 Penyebab Gula Darah Naik yang Sering Tak Disadari, Cek di Sini!

10 Penyebab Gula Darah Naik yang Sering Tak Disadari, Cek di Sini!

MOMSMONEY.ID - Sering tak disadari, apa penyebab gula darah naik? Temukan penjelasannya di sini, yuk.

Kenaikan gula darah tidak hanya merupakan masalah bagi penderita diabetes; siapa saja bisa mengalami hal ini. Banyak faktor yang bisa meningkatkan gula darah dan seringkali tanpa kita sadari.

MomsMoney akan mengulas apa saja penyebab gula darah naik pada kesempatan kali ini. Yuk, simak bahasannya hingga akhir.

1. Gangguan hormon insulin

Kenaikan kadar gula darah bisa disebabkan oleh kurangnya produksi insulin atau ketidakmampuan insulin bekerja secara efektif, yang dikenal sebagai resistensi insulin.

Dikutip dari Hello Sehat, insulin adalah hormon esensial yang membantu glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi.

Gangguan pada hormon ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kondisi autoimun, faktor genetik, usia, atau gaya hidup yang tidak sehat yang mengakibatkan obesitas.

Baca Juga: Konsumsi Lauk Pauk untuk Penderita Darah Tinggi Ini, Ada 7 Pilihan

2. Pemanis buatan

Penggunaan pemanis buatan secara berlebihan bisa menjadi penyebab kenaikan kadar gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman dengan pemanis buatan dapat menyebabkan intoleransi glukosa dan peningkatan risiko diabetes tipe 2, bahkan pada seseorang yang sehat.

3. Fenomena fajar

Fenomena fajar adalah kondisi di mana kadar gula darah meningkat di pagi hari karena pelepasan hormon seperti kortisol.

Mengutip dari Dokter Sehat, kondisi ini umum di antara penderita diabetes yang tubuhnya tidak memproduksi cukup insulin. Mengonsumsi snack rendah karbohidrat dan tinggi protein sebelum tidur bisa membantu mengatasi kondisi ini.

4. Dehidrasi

Jika tidak minum cukup air, kadar gula dalam darah bisa naik dan darah menjadi lebih kental. Kondisi ini juga bisa berbalik, di mana ketika kadar gula darah tinggi, tubuh akan membuang lebih banyak air melalui urin, yang akhirnya bisa menyebabkan dehidrasi.

5. Menstruasi

Perubahan hormon selama siklus menstruasi dapat mempengaruhi sensitivitas terhadap insulin. Hal ini menyebabkan peningkatan sementara pada kadar gula darah.

Baca Juga: Waspada! Begini Gejala dan Penyebab Angin Duduk yang Perlu Anda Tahu

6. Sedang sakit

Infeksi atau penyakit dapat memicu tubuh untuk menghasilkan hormon yang meningkatkan kadar gula darah sebagai bagian dari respons imun.

7. Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan bisa mengganggu produksi insulin oleh sel beta pancreas. Hal ini juga berpengaruh pada kenaikan kadar gula dara

8. Obat-obatan

Beberapa obat seperti kortikosteroid, obat antipsikotik, beta blocker, dan obat diuretik bisa meningkatkan kadar gula darah. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang efek samping ini dan pengaturan dosis yang tepat.

Baca Juga: Inilah Pertolongan Pertama Angin Duduk yang Penting Anda Ketahui

9. Kurang tidur

Kurang tidur dapat mengurangi sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga meningkatkan stres pada tubuh dan berakibat pada peningkatan kadar gula darah.

10. Konsumsi kopi

Kafein dapat meningkatkan kadar gula darah. Studi menunjukkan bahwa konsumsi kafein dapat meningkatkan kadar gula darah sekitar 8% pada individu dengan diabetes tipe 2 sepanjang hari.

Demikianlah ulasan lengkap terkait apa penyebab gula darah naik. Pola makan sehat dengan porsi yang terkontrol hingga memastikan pola tidur yang baik adalah beberapa cara untuk mengontrol kadar gula darah. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News