Bugar

Coba Konsumsi, Berikut 10 Makanan Pencegah Kanker yang Baik untuk Tubuh

Coba Konsumsi, Berikut 10 Makanan Pencegah Kanker yang Baik untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Dalam upaya mencegah kanker, pola makan memainkan peran penting. Beberapa makanan pencegah kanker dapat Anda konsumsi untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena kanker. Apa saja rekomendasinya?

Yuk, intip daftar makanan pencegah kanker yang dapat Anda konsumsi berikut ini yang sudah MomsMoney rangkumkan untuk Anda:

1. Nanas

Nanas kaya akan enzim bromelain yang berperan dalam menghambat protein MUC1. Protein MUC1, bila berlebihan, menjadi faktor risiko untuk beberapa jenis kanker termasuk payudara, ovarium, dan pankreas.

Nanas juga mendorong apoptosis, proses alami penghancuran sel-sel yang rusak, dan mengandung serat, kalium, kalsium, fosfor, serta vitamin yang mendukung sistem imun dan memerangi inflamasi.

Baca Juga: 6 Makanan bagi Penderita Diabetes Supaya Tidak Lemas, Bantu Tambah Energi

2. Jamur Shitake dan Enoki

Dikutip dari Hello Sehat, jamur shitake mengandung lentinan yang merangsang sistem imun dan dapat memicu apoptosis sel kanker. Sementara itu, jamur enoki kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan mengurangi risiko kanker.

3. Brokoli

Sayuran hijau ini kaya akan serat dan vitamin seperti A, B kompleks, dan C. Brokoli juga mengandung zat antioksidan dan antikanker seperti sulforaphane dan flavonoid yang efektif menekan pertumbuhan sel kanker termasuk di payudara, usus besar, kulit, kandung kemih, dan mulut.

4. Wortel

Wortel terkenal sebagai sumber vitamin A, antioksidan, dan beta karoten yang berpotensi mengurangi risiko kanker prostat, usus besar, dan kulit. Wortel juga mendukung kesehatan mata, kulit, dan sistem imun.

Baca Juga: 10 Larangan Makanan untuk Penderita Asam Lambung, Intip Daftarnya di Sini

5. Buah sitrus

Kelompok buah ini, yang meliputi jeruk, grapefruit, limau, dan lemon, kaya akan vitamin C dan antioksidan. Studi menunjukkan bahwa konsumsi rutin buah sitrus mampu mengurangi risiko kanker.

6. Buah beri

Stroberi, blueberry, dan raspberry mengandung tinggi vitamin C dan antioksidan. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah kanker, mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah, serta mencegah penyakit jantung dan stroke.

7. Tomat

Melansir dari Alodokter, tomat kaya akan antioksidan seperti lycopene, beta karoten, dan chlorogenic acid yang telah terbukti membantu mencegah kanker prostat dan kulit. Tomat dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk seperti sup, saus, atau salad.

Baca Juga: Ketahui Khasiat Tersembunyi Air Kelapa Muda untuk Asam Lambung yuk

8. Ikan

Sumber omega-3 dan protein, ikan seperti salmon, tongkol, sarden, tuna, dan kakap kaya akan nutrisi yang membantu mencegah kanker usus besar. Namun, ikan tinggi merkuri seperti tuna harus dikonsumsi secara moderat.

9. Sayuran Cruciferous

Sayuran seperti pakcoi, kubis, kembang kol, dan kale kaya akan glucobrassicin yang berubah menjadi indole-3-carbinol saat diolah tubuh. Zat ini melindungi DNA dari kerusakan, merangsang apoptosis, menonaktifkan karsinogen, dan menghambat metastasis sel tumor.

Zat tersebut juga bersifat antivirus, antiradang, dan antibakteri, yang membantu menjaga sistem imun.

10. Bawang Putih

Bawang putih mengandung fitokimia seperti flavonoid, inulin, dan saponin yang mengurangi inflamasi, memperlambat pertumbuhan sel kanker, dan memperbaiki DNA. Studi telah menunjukkan manfaatnya terutama dalam pencegahan kanker kolorektal.

Baca Juga: Mie Instan untuk Penderita Asam Lambung, Amankah Dikonsumsi?

Itulah sejumlah makanan pencegah kanker yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News