Bugar

Ciri-ciri Kolesterol di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

Ciri-ciri Kolesterol di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

MOMSMONEY.ID - Adakah ciri-ciri kolesterol di usia muda sebenarnya? Simak ciri dan cara mencegahnya berikut ini, yuk!

Kolesterol tinggi tidak hanya menyerang mereka yang berusia lanjut tetapi juga bisa terjadi pada usia muda. Mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi dan cara pencegahannya penting untuk menjaga kesehatan jantung dan menghindari risiko penyakit kardiovaskular di kemudian hari.

Dalam banyak situasi, tingginya kadar kolesterol dalam darah tidak menunjukkan gejala apa pun. Seringkali, orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kondisi ini hingga terjadi kejadian kritis seperti serangan jantung atau stroke, atau komplikasi kesehatan serius lainnya.

Baca Juga: Ampuh dan Efektif, Beginilah Cara Mengatasi Kolesterol Secara Alami

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dengan rutin dimulai sejak Anda di usia muda. Bersumber dari Healthline, inilah beberapa ciri-ciri kolesterol tinggi yang membutuhkan penanganan lanjutan:

  • Nyeri di bagian dada, dikenal juga sebagai angina, yang menandakan masalah pada jantung.
  • Terbentuknya deposit lemak di bawah kulit, yang dikenal dengan xanthomas.
  • Munculnya bercak yang mengandung kolesterol pada kelopak mata, yang dikenal sebagai xanthelasmas.

Setelah mengetahui cirinya, penting juga untuk tahu cara mencegahnya. Meskipun faktor genetik yang berkontribusi pada kolesterol tinggi tidak dapat diubah, ada strategi yang dapat diterapkan untuk memelihara kadar kolesterol dalam rentang sehat.

Berikut adalah beberapa tindakan yang disarankan untuk mengelola kolesterol:

1. Mengadopsi pola makan sehat

Mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah, sayuran, dan biji-bijian utuh, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Mengurangi asupan gula, lemak jenuh, dan lemak trans—yang umumnya ditemukan dalam makanan olahan, makanan cepat saji, dan produk hewani berlemak—dapat menurunkan risiko peningkatan kolesterol dan penyakit jantung.

Baca Juga: Berapakah Normal Kolesterol pada Wanita?

2. Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang sehat tidak hanya mengurangi risiko kolesterol tinggi tetapi juga berbagai kondisi kesehatan lain. Pengurangan berat badan bisa dicapai melalui diet seimbang dan aktivitas fisik teratur.

3. Melakukan olahraga secara teratur

Olahraga dapat meningkatkan kolesterol HDL dan, pada saat yang sama dapat menurunkan trigliserida. Disarankan untuk berolahraga setidaknya 150 menit per minggu dengan intensitas sedang atau 75 menit per minggu dengan intensitas tinggi.

Baca Juga: Masih Boleh Makan Seafood, Ini 5 Ikan yang Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

4. Menghindari merokok

Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol HDL dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Berhenti merokok dapat memperbaiki profil kolesterol dan kesehatan jantung secara keseluruhan.

5. Mengonsumsi alkohol secara moderat

Mengonsumsi alkohol dengan moderat penting karena konsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan berat badan, selain risiko kesehatan lainnya.

Baca Juga: Terbukti Efektif! Ini Obat Herbal untuk Menurunkan Kolesterol yang Patut Dicoba

6. Pemeriksaan kolesterol secara berkala

Melakukan pemeriksaan kolesterol secara teratur memungkinkan deteksi dini dan pengelolaan kadar kolesterol. Hal ini juga dapat mencegah komplikasi jangka panjang yang berhubungan dengan kolesterol tinggi.

Nah, demikianlah pembahasan terkait ciri-ciri kolesterol di usia muda serta cara mencegahnya. Kolesterol tinggi di usia muda bisa dicegah dan dikendalikan dengan mengadopsi gaya hidup sehat. Anda dapat menerapkan beberapa cara diatas untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap dalam batas normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News