Bugar

Ampuh dan Efektif, Beginilah Cara Mengatasi Kolesterol Secara Alami

Ampuh dan Efektif, Beginilah Cara Mengatasi Kolesterol Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Kolesterol tinggi bisa memicu penyakit lainnya. Yuk, terapkan cara mengatasi kolesterol secara alami berikut ini.

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi medis yang sering diabaikan namun berpotensi fatal. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Namun, ada berbagai cara mengatasi kolesterol secara alami tanpa perlu bergantung pada obat-obatan kimia.

Bersumber dari Healthline, di bawah ini adalah beberapa cara ampuh dan efektif untuk mengatasi kolesterol secara alami:

1. Diet tinggi lemak tak jenuh tunggal

Terdapat bukti yang kuat dari sumber-sumber tepercaya yang menunjukkan bahwa diet tinggi lemak tak jenuh tunggal, seperti yang ditemukan dalam diet Mediterania, dapat membantu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL.

Contoh sumber-sumber lemak tak jenuh tunggal meliputi minyak zaitun, kacang-kacangan seperti almond dan kacang mete, minyak canola, alpukat, selai kacang, dan zaitun.

Baca Juga: Paduan Diet Mediterania untuk Pemula, Diet Sehat Bantu Turunkan Berat Badan!

2. Membatasi makanan lemak trans

Lemak trans diketahui meningkatkan kadar LDL dan kolesterol total. Makanan umum yang mengandung lemak trans termasuk margarin, kue kering, beberapa varian popcorn microwave, makanan cepat saji yang digoreng, beberapa jenis pizza, dan krimer kopi nondairy.

3. Konsumsi makanan serat larut

Serat larut merupakan jenis serat yang banyak ditemukan dalam tumbuhan dan biji-bijian. Mengutamakan konsumsi biji-bijian utuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, serta mungkin memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

Beberapa sumber utama serat larut termasuk sereal gandum, kacang, lentil, kubis Brussel, buah-buahan, kacang polong, dan biji rami.

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari saat Stres, Gorengan Masuk Daftar lo!

4. Berolahraga

Berolahraga memiliki manfaat ganda bagi kesehatan jantung, tidak hanya meningkatkan kondisi fisik dan membantu mencegah obesitas, tetapi juga mengurangi kadar LDL dan meningkatkan HDL.

Menurut American Heart Association (AHA), 150 menit latihan aerobik rutin per minggu sudah cukup untuk mengurangi kadar kolesterol.

5. Menjaga berat badan ideal

Memiliki berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko Anda mengembangkan kadar kolesterol tinggi. Mengurangi berat badan, terutama jika Anda mengalami kelebihan berat badan, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.

Baca Juga: Dikenal Kaya Manfaat, Apakah Alpukat Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

6. Berhenti merokok

Merokok tembakau meningkatkan risiko penyakit jantung melalui beberapa mekanisme, termasuk peningkatan kadar LDL, penurunan kadar HDL, penumpukan kolesterol di arteri, dan pengaruh terhadap transportasi serta penyerapan kolesterol.

Berhenti merokok, jika memungkinkan, dapat membantu mengatasi efek negatif ini.

Demikianlah beberapa cara mengatasi kolesterol secara alami yang bisa Anda terapkan. Mengatasi kolesterol tinggi secara alami membutuhkan komitmen dan perubahan gaya hidup yang konsisten.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang serius atau kekhawatiran tentang kadar kolesterol Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News