Bugar

Catat, ya! Inilah 10 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Catat, ya! Inilah 10 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, Anda dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi dan penyakit. MomsMoney telah menyiapkan daftar makanan terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Merangkum dari laman Cleveland Clinic dan Healthline, berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda:

1. Ikan berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan makarel kaya akan omega-3, yang merupakan lemak anti-inflamasi yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa ikan mungkin mengandung merkuri. Ikan yang mengandung merkuri inilah yang harus Anda hindari.

Baca Juga: Mau Turun Berat Badan? Konsumsi 10 Makanan untuk Meningkatkan Metabolisme Ini

2. Buah citrus

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, lime, dan grapefruit kaya akan vitamin C, yang dikenal dapat membantu pencegahan dan pemendekan infeksi dengan meningkatkan fungsi sel kekebalan.

3. Bawang putih

Bawang putih tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan berkat alliin yang mendukung respons sel darah putih melawan flu atau pilek.

Baca Juga: Sebaiknya Batasi, Ini 5 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal

4. Jahe

Jahe mengandung vitamin C, magnesium, dan kalium. Selain itu, jahe telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi inflamasi dan mual serta memiliki efek antioksidan yang kuat.

5. Kunyit

Bumbu yang umum dalam kari ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan dan berperilaku sebagai antiviral berkat curcumin yang terkandung di dalamnya. Konsumsi kunyit dapat membantu mengurangi inflamasi dan melawan radikal bebas.

Baca Juga: Ketahui 10 Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes lho

6. Brokoli

Brokoli sarat dengan vitamin A, C, dan E, dan merupakan sumber serat yang baik. Sayuran ini juga mengandung senyawa sulfur yang penting untuk produksi glutathione, antioksidan yang melindungi sistem kekebalan.

7. Paprika

Paprika, khususnya paprika merah dan kuning, mengandung jumlah vitamin C yang sangat tinggi, sekitar tiga kali lebih banyak daripada jeruk, yang penting untuk kesehatan imun.

Baca Juga: Khasiat Kayu Manis untuk Diabetes, Benarkah Efektif?

8. Bayam

Bayam tidak hanya kaya akan vitamin C tetapi juga beta-karoten dan folat, yang dikenal bisa mendukung sistem kekebalan.

9. Yoghurt

Yoghurt dengan bakteri hidup dan aktif mendukung sistem kekebalan tubuh melalui kesehatan usus. Penting untuk memilih yoghurt dengan sedikit atau tanpa gula tambahan dan mengandung kultur yang aktif.

Baca Juga: 10 Bahan Alami untuk Mengobati Kolesterol, Mari Simak Berikut Ini!

10. Almond

Almond kaya akan vitamin E, antioksidan penting untuk sistem kekebalan. Almond juga mengandung lemak sehat yang membantu penyerapan vitamin E.

Nah, itulah beberapa makanan terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News