Bugar

Kenali 5 Manfaat Tawas untuk Ketiak, Memutihkan sampai Usir Bau Tak Sedap

Kenali 5 Manfaat Tawas untuk Ketiak, Memutihkan sampai Usir Bau Tak Sedap

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat tawas untuk ketiak yang sudah tidak diragukan lagi, salah satunya ampuh menghilangkan bau tak sedap.

Laman Healthline menyebutkan, di bidang kedokteran dan kesehatan, tawas biasanya digunakan untuk menangani cedera dan beberapa penyakit. 

Melansir dari National Library of Medicine US, tawas merupakan kombinasi alumunium sulfat dan kalium sulfat.

Biasanya, tawas berbentuk kristal bening berwarna putih dan bertekstrur keras.

Selain memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, ini adalah beberapa manfaat tawas untuk ketiak yang bisa Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Kenalan dengan Tawas, Deodoran Alami Ampuh Usir Bau Ketiak

1. Memutihkan ketiak yang hitam

Manfaat tawas untuk ketiak yang pertama adalah memutihkan ketiak yang hitam. Mencukur bulu ketiak seringkali justru membuat tampilan kulit menghitam. 

Selain kebiasaan mencukur, mengidap penyakit tertentu juga bisa membuat kulit lebih kusam. Hal ini pastinya bisa menurunkan rasa percaya diri Anda saat memakai baju tanpa lengan.  

Pemakaian tawas mampu mengangkat minyak, kotoran dan sel kulit mati di bagian ketiak. Lakukan perawatan dengan tawas secara rutin untuk melihat hasilnya.  

2. Aman untuk kulit sensitif

Manfaat tawas untuk ketiak yang kedua sangat aman untuk kulit sensitif. Bagi seseorang yang punya kulit sensitif, pemakaian deodoran bisa mengiritasi kulit jika tidak cocok. 

Sebab, deodoran mengandung bahan kimia dapat mengiritasi kulit, seperti paraben, triklosan, serta alkohol. Jika mengalami iritasi, tawas bisa dijadikan alternatif pengganti deodoran.  

Baca Juga: 4 Penyebab Ketiak Basah dan Bau Berlebihan pada Wanita

3. Menghaluskan kulit ketiak

Manfaat tawas untuk ketiak yang ketiga adalah menghaluskan kulit ketiak. Kulit ketiak biasanya terasa kasar setelah Anda mencukur bulunya. 

Nah, pemakaian bahan ini dapat menangani masalah tersebut. Efek ini berasal dari kemampuan tawas dalam mengangkat kotoran dan minyak berlebih dari kulit. 

4. Mencegah iritasi

Manfaat tawas untuk ketiak yang selanjutnya adalah mencegah iritasi. Kulit ketiak akan lebih sensitif dan mudah teriritasi setelah Anda mencukur bulunya. 

Anda bisa mengoleskan tawas usai mencukur bulu ketiak. Sifat anti bakterinya mencegah iritasi kulit akibat infeksi. Selain itu, sifat menghaluskannya bisa membuat kulit ketiak lebih lembap.  

Baca Juga: 4 Cara Mencukur Bulu Ketiak dengan Benar Biar Kulit Tetap Halus, Tidak Sulit!

5. Menghilangkan bau tidak sedap

Manfaat tawas untuk ketiak yang terkahir adalah bisa menghilangkan bau tak sedap. Permasalahan lain dari ketiak adalah bau tidak sedap yang menurunkan rasa percaya diri. 

Masalah ini terjadi ketika bakteri berkembang biak di bagian ketiak. Ketika bercampur keringat, bakteri kemudian menimbulkan aroma yang tidak sedap.  

Itulah beberapa manfaat dari tawas untuk ketiak yang bisa Anda ketahui dan Anda coba untuk merasakan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News