Santai

Pernah Dengar Open Relationship? Cari Tahu Aturannya di Sini

Pernah Dengar Open Relationship? Cari Tahu Aturannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Pernah dengan istilah hubungan open relationship? Sudah tahu belum bagaimana aturan dalam hubungan ini?

Open relationship merupakan jenis hubungan yang membebaskan setiap pasangan suami-istri modern untuk menjalin hubungan dengan orang lain alias pihak ketiga secara terbuka.

Walau terkesan bebas, namun ada beberapa hal penting yang perlu dijadikan perhatian dan peraturan bagi setiap pasangan sebelum memulai open relationship.

Apa saja kah peraturan open relationship agar hubungan ini bisa berhasil? Simak beberapa daftarnya ini:

Baca Juga: Meski Tak Mudah, Coba Lakukan 4 Cara Ini Untuk Bangun Kepercayaan pada Pasangan

Menetapkan batasan

Batasan atau boundaries dalam open relationship adalah hal krusial yang harus ditetapkan terlebih dahulu.

Tentukan terlebih dahulu hal-hal yang bisa dilakukan dengan pasangan baru, siapa orang yang tepat untuk dijadikan pasangan baru, serta waktu yang bisa dihabiskan bersama dengan pasangan baru. Pastikan untuk menetapkan aturan atau batasan yang bisa diterima ketiga pihak, ya.

Atur perihal hubungan seksual

Kebanyakan pasangan yang memutuskan untuk memilih open relationship adalah karena alasan seksual. Maka dari itu, jangan lupa juga untuk mengatur batasan dan aturan tentang hubungan seksual dengan pasangan.

Setiap pasangan yang terlibat dalam hubungan open relationship wajib menyetujui batasan dan setuju untuk berada dalam hubungan ini. Cobalah juga untuk terbuka dalam membicarakan kegiatan seksual yang sama-sama disetujui oleh pihak-pihak dalam hubungan ini.

Baca Juga: Merasa Hampa Sehabis Pernikahan, Bisa Jadi Alami Post Wedding Blues

Mengatur batasan emosional

Mengutip dari laman Women’s Health, tak hanya penting untuk mengatur batasan seksual saja, tapi juga batasan emosional.

Hal penting yang harus menjadi perhatian dalam hubungan open relationship adalah apakah pasangan bisa tidak baper saat melakukan hubungan seksual dengan orang lain?

Apakah pasangan bisa menerima keadaan tersebut dan bagaimana perasaan masing-masing pasangan tentang hal tersebut? Jika secara emosional kedua pasangan tidak bisa mengatasinya, maka open relationship bukan pilihan untuk hubungan tersebut.

Lakukan evaluasi hubungan

Penting juga untuk mengatur waktu evaluasi dengan pasangan di setiap bulannya dalam jenis hubungan ini. Sebab open relationship melibatkan banyak pihak yang terlibat, ada baiknya untuk selalu mengecek progres hubungan satu sama lain secara rutin.

Laman Bustle menjelaskan bahwa aktivitas ini penting untuk mengetahui bagaimana perasaan pasangan, mengatur kembali batasan-batasan yang lebih sesuai, dan ekspektasi pasangan yang mungkin berubah.

Itulah tadi beberapa peraturan dan batasan yang wajib diketahui sebelum mulai melakukan open relationship. Tertarik coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News