Keluarga

Cara Tanamkan Rasa Bangga pada Anak saat Membersihkan Rumah

Cara Tanamkan Rasa Bangga pada Anak saat Membersihkan Rumah

MOMSMONEY.ID - Yuk, simak cara dan manfaat menanamkan rasa bangga pada anak saat membersihkan rumah.

Bagi seorang ibu, pekerjaan rumah rasanya tak ada habisnya. Apalagi, jika Anda tidak menggunakan jasa asisten dan atau masih memiliki anak balita. 

Namun, mumpung anak masih kecil, Anda bisa mulai menanamkan rasa bangga kepada mereka saat berhasil membantu membersihkan dan membereskan rumah, lo.

Bagaimana cara menanamkan rasa bangga pada anak? Melansi Habits and Home, mulai dengan melakukan afirmasi dan menyadari tindakan anak saat membantu Anda membersihkan rumah meski hanya tindakan kecil. 

Anda bisa menggunakan kalimat “Iya mama tadi melihatmu membereskan rumah, dan aku sangat bangga padamu”.

Baca Juga: Begini lo Cara Membersihkan Sol Sepatu Bagian Dalam Menggunakan Cuka

Sebagai contoh, jika Anda menyadari anak Anda berinisiatif membereskan mainannya tanpa diminta atau membantu saudaranya membersihkan rumah, maka penting untuk membuat dia tahu bahwa Anda melihat tindakannya dan lakukan apresiasi atas tindakannya itu. 

Cara ini tidak hanya meningkatkan rasa percaya dirinya tetapi juga menegaskan betapa berharganya tindakan mereka. Sehingga, ini akan membuat mereka senang membantu Anda membereskan rumah. 

Tapi, tantangannya adalah Anda harus melakukan ini secara konsisten dan detail pada setiap tindakan kecil anak Anda. Maka ada baiknya untuk mengatur waktu yang spesifik di mana Anda bisa benar-benar memperhatikan kegiatan Anda anda. 

Selain itu, Anda juga bisa melihat progres mereka dalam membant pekerjaan rumah. Kemudian buat perayaan kecil bersama-sama atas tindakan mereka tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News