Keluarga

Apa Saja Kewajiban Seorang Anak di Rumah?

Apa Saja Kewajiban Seorang Anak di Rumah?

MOMSMONEY.ID - Yuk cari tahu apa saja kewajiban seorang anak di rumah!

Tahukah Moms bahwa penting bagi seorang anak mengetahui hak dan kewajibannya sejak dini. Ini membuat anak jadi mengetahui bagaimana mereka harus menempatkan diri dalam sebuah lingkungan. 

Nah melansir Orami, antara hak dan kewajiban perlu dilaksanakan dengan seimbang. Jadi anak juga tahu kapan waktu yang tepat mereka bisa menuntut hak setelah kewajibannya dipenuhi. 

Baca Juga: Bosan Saat Hujan? Yuk Lakukan 5 Kegiatan Ini di Rumah

Lalu apa saja kewajiban seorang anak di rumah?

Menghormati dan berbakti kepada orang tua
Melansir Hello Sehat, kewajiban utama seorang anak di rumah adalah menghormati dan berbakti kepada orang tua. Sebab dari awal kehidupan orang tua lah yang menjadi pilar utama anak dan keluarga. 

Membantu membersihkan rumah
Tak hanya anak, seluruh anggota keluarga juga wajib membersihkan rumah. Perlu disadari bahwa rumah adalah tempat tinggal bersama yang perlu dijaga kebersihannya secara bersama-sama jadi bukan tanggung jawab seorang ibu saja. 

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Kasur Menggunakan Soda Kue

Menjaga nama baik keluarga
Seorang anak berhak mendapatkan pengenalan akan nilai dan norma demi bekal hidupnya. Hal ini membuat seorang anak berkewajiban menerapkannya di lingkungan demi menjaga nama baik keluarga.

Wajib belajar
Melansir Orami, kewajiban seorang anak ini juga dicanangkan oleh pemerintah dalam program wajib belajar 12 tahun. Ini juga berkaitan di mana seorang anak berhak mendapatkan berbagai macam pengajaran, sehingga membuat Anda berkewajiban untuk belajar bagi seorang anak. 

Itu tadi 4 kewajiban utama seorang anak di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Selanjutnya: Cara Menambah Tinggi Badan Di Usia 17 Tahun, Konsumsilah Makanan Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News