Bugar

Cara Minum Cuka Apel untuk Diet, Benarkah Efektif Turunkan BB?

Cara Minum Cuka Apel untuk Diet, Benarkah Efektif Turunkan BB?

MOMSMONEY.ID - Begini lo cara minum cuka apel untuk diet! Ketahui juga efektivitasnya untuk turunkan BB di sini.

Cuka apel telah menjadi salah satu pilihan populer dalam program diet untuk menurunkan berat badan.

Minuman ini diyakini memiliki manfaat kesehatan berkat kandungan asam asetatnya yang tinggi, yang diklaim dapat membantu membakar lemak, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi nafsu makan.

Namun, sebelum mengonsumsinya secara rutin, penting untuk memahami cara minum cuka apel untuk diet dengan benar agar mendapatkan manfaatnya secara optimal tanpa efek samping.

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai cara minum cuka apel untuk diet dan efektivitasnya dalam menurunkan berat badan.

Baca Juga: Khasiat Tersembunyi Buah Naga untuk Diabetes, Ini Ulasan Lengkapnya!

Efektivitas Cuka Apel untuk Diet

Menurut Healthline, manfaat cuka apel untuk penurunan berat badan dan pengurangan lemak tubuh masih diperdebatkan.

Sebuah penelitian di tahun 2018 yang melibatkan 39 orang yang menjalani diet rendah kalori menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi sekitar 2 sendok makan (30 ml) cuka apel per hari selama 12 minggu mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh yang lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Studi ini mengindikasikan bahwa menambahkan 1-2 sendok makan cuka apel ke dalam diet dapat membantu penurunan berat badan, mengurangi lemak perut, dan menurunkan kadar trigliserida.

Namun, penelitian ini hanya dilakukan pada orang yang memiliki berat badan berlebih, tanpa kelompok kontrol untuk perbandingan, serta tidak memperhitungkan faktor lain seperti perubahan pola makan atau olahraga.

Baca Juga: Apakah Makan Singkong Bagus untuk Kesehatan Tubuh? Mari Menilik Faktanya di Sini

Cara Minum Cuka Apel untuk Diet

Meskipun bukti yang ada masih terbatas, ada beberapa cara minum cuka apel untuk diet. Salah satu caranya adalah mencampurkannya dengan minyak zaitun sebagai dressing salad, terutama untuk sayuran hijau, mentimun, dan tomat.

Cuka apel juga bisa ditambahkan dalam air untuk diminum langsung atau sebagai pengasam sayuran. Untuk tujuan diet, dosis yang disarankan adalah 1-2 sendok makan (15-30 ml) per hari, dicampur air untuk menghindari iritasi.

Sebaiknya konsumsi ini dibagi menjadi 2-3 kali sehari, sebelum makan. Mulailah dengan dosis rendah, seperti 1 sendok teh (5 ml), dan selalu larutkan dengan air untuk mencegah iritasi mulut atau tenggorokan.

Baca Juga: Manfaat Makan Buah Pepaya untuk Penderita Diabates, Cek di Sini

Demikianlah ulasan terkait efektivitas dan cara minum cuka apel untuk diet. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Pembebasan Lahan IKN Telan Anggaran Rp 2,85 Triliun Hingga Oktober 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News