Keluarga

Cara Merapikan Taman Dalam Ruangan, Ini 6 Tips Menata Tanaman Hias di Rumah

Cara Merapikan Taman Dalam Ruangan, Ini 6 Tips Menata Tanaman Hias di Rumah

MOMSMONEY.ID - Melihat taman dalam ruangan rapi dan bersih tentu akan membuat orang senang memandangnya. Jika Anda berencana menata taman dalam ruangan, simak artikel ini.

Ada beberapa tips dan cara merapikan taman dalam ruangan di rumah. Anda dapat memanfaatkan beberapa hal yang ada di rumah seperti dinding. 

Selain itu, cara merapikan taman dalam ruangan dapat Anda lakukan dengan bantuan penataan yang baik. 

Baca Juga: Tips Dekorasi Tanaman Hias saat Liburan, Bikin Suasana Rumah Jadi Nyaman

Mengutip Balcony Garden Web, berikut cara merapikan taman dalam ruangan:

1. Gunakan ruang dinding 

Jika Anda tinggal di apartemen atau studio kecil yang luas lantainya minim, maka menggunakan rak di ruang kosong di dinding adalah pilihan terbaik.

Ini terlihat rapi dan menawarkan lapisan ruang yang berbeda untuk menyimpan pot, tempat Anda dapat menanam tumbuhan, bunga, atau tanaman merambat.

2. Penataan tanaman harus baik

anggrek biru

Apakah terlihat bagus bila Anda penuh dengan tanaman? Tentu saja tidak! Sebaiknya sediakan rak dan dudukan khusus agar tetap tertata sehingga ruangan terlihat rapi dan berantakan.

3. Pangkas tanaman 

Memiliki tanaman yang tumbuh di mana-mana tidak hanya terlihat tidak rapi, tetapi juga memakan lebih banyak ruang yang diperlukan.

Menjaga tanaman tetap dipangkas dan dipangkas (Lakukan setiap kali Anda melihat batang dan daun menguning atau mati) juga memastikan tanaman tetap aman dari hama dan penyakit.

4. Hapus spesimen yang tidak diinginkan

Tidak ada orang yang menyukai terlalu banyak tanaman, furnitur, dan artefak yang dijejali dalam ruangan kecil – karena terlihat tidak rapi dan berantakan. 

Jika Anda memiliki penataan seperti di atas dalam sebuah ruangan kecil – nah, inilah waktunya untuk membereskan semuanya!

Baca Juga: Tips agar Tanaman Hias Indoor Dapat Lebih Banyak Cahaya, Ikuti 6 Cara Ini

Simpan hanya 1-2 tanaman dan gunakan ruang tersebut dengan bijak untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Minimalis tidak hanya menambah tampilan bersih di dalam ruangan tetapi juga menyelamatkan Anda dari kerumitan pemeliharaan.

5. Tata ulang gaya 

Jangan berpegang pada tradisi dalam menata tanaman dalam ruangan. Anda tidak selalu harus meletakkan tanaman merambat yang subur di lantai – tanaman ini juga bisa terlihat menakjubkan di rak dinding.

Anda juga dapat mencoba tanaman baru, warna, dan tampilan ruangan secara keseluruhan – dengan mempertimbangkan ruangan yang Anda miliki.

6. Jangan terlalu banyak tanaman

Terkadang, yang Anda butuhkan hanyalah satu tanaman tinggi di sudut ruangan untuk mendapatkan kesan “taman dalam ruangan”.

Sebelum Anda berencana membeli aksesori atau tanaman baru, Anda perlu bertanya pada diri sendiri apakah itu memberi Anda kegembiraan. Jika jawabannya adalah “tidak”, hentikan godaan dan hargai mantra “Less is More”!

Nah, itulah cara merapikan taman dalam ruangan yang dapat Anda coba untuk mendapatkan gaya yang berbeda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News