Keluarga

Cara Menyimpan Tanaman Hias saat Ditinggal Mudik, Siapkan Hal Ini

Cara Menyimpan Tanaman Hias saat Ditinggal Mudik, Siapkan Hal Ini

MOMSMONEY.ID - Jelang lebaran, banyak pecinta tanaman yang harus meninggalkan tanamannya selama beberapa hari untuk mudik. Ada cara menyimpan tanaman hias saat ditinggal mudik. 

Beberapa hal perlu Anda siapkan untuk menyimpan tanaman hias saat ditinggal mudik. Biasanya hal yang dikhawatirkan adalah penyiramannya. 

Banyak tanaman hias yang tahan beberapa hari tanpa air, namun Anda mungkin ingin mempertimbangkan beberapa metode penyiraman alternatif jika Anda bepergian untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga: Begini Cara Menjaga Tanaman Hias Tetap Hidup saat Ditinggal Pergi Mudik

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini cara menyimpan tanaman hias saat ditinggal mudik. 

1. Tutup Tanaman 

Mengutip Country Living, menutupi tanaman dengan tas adalah metode yang efektif hanya untuk ketidakhadiran jangka pendek.

Letakkan kantong plastik bening di atas tanaman Anda dan tutup rapat. 

Hal ini memungkinkan uap air dikumpulkan dan didaur ulang oleh tanaman. Jaga agar sisi kantong tidak bersentuhan dengan tanaman dengan menopang kantong dengan tongkat. 

2. Gunakan Wadah yang Dapat Menyiram Sendiri

Menyiram Tanaman

Memberikan air yang dibutuhkan tanaman Anda tidak selalu memungkinkan, terutama saat Anda sedang berlibur. Pilihan lainnya adalah dengan membeli penanam yang dapat menyiram sendiri. 

Perlu diketahui bahwa ini paling cocok untuk tanaman yang membutuhkan kelembapan sepanjang tahun dan tidak keberatan dengan kondisi lembab permanen, seperti tomat, tanaman ular, dan bunga violet Afrika.

3. Coba Metode Sumbu

Anda menggunakan kain lembut (tali sepatu bisa digunakan) untuk menyiram tanaman agar tidak mengering. Dalam sistem ini, sumbu kapas kemudian akan menyerap air dan unsur hara dari suatu larutan dan menyalurkannya ke tanaman dalam wadah atau nampan.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Hias Gantung agar Tumbuh Subur dan Cantik

Agar efektif, mulut wadah Anda harus lebih tinggi dari tingkat kompos di pot tanaman. 

Metode ini bekerja dengan baik untuk jangka waktu yang lebih singkat meskipun jangka waktu yang lebih lama akan memerlukan wadah air yang lebih besar.

4. Pindah Tanaman ke Tempat Teduh

Jika Anda memiliki taman atau balkon, pertimbangkan untuk memindahkan tanaman hias Anda ke tempat teduh di luar agar tanaman sering terkena hujan.

Beberapa tanaman lunak bisa hangus selama musim panas, jadi jauhkan dari sinar matahari langsung.

5. Beli Alas Kapiler

Alas kapiler biasanya terbuat dari kain kempa, menyerap dan menahan air yang dapat diserap oleh tanah dalam pot tanaman yang diletakkan di atas anyaman. 

Mudah digunakan, cukup rendam matras dalam air dan letakkan tanaman hias Anda di atasnya.

Tanaman harus dikelompokkan di atas tikar basah, pastikan mereka melakukan kontak yang baik dengan tanaman dengan menekannya sedikit. 

Baca Juga: Cara Perawatan Tanaman Hias Sesuai Usia, Ikuti Rencana dan Langkah-langkahnya

Pot tanah liat perlu disiram secara menyeluruh terlebih dahulu agar mereka dapat mulai mengambil air dari tikar.

6. Bantuan Tetangga

Salah satu cara termudah untuk menjaga agar tanaman berharga Anda tetap mekar adalah dengan meminta bantuan teman, anggota keluarga, atau tetangga yang tepercaya. 

Sebelum Anda berangkat, pastikan Anda memberi tahu mereka secara detail tentang berbagai tanaman hias yang perlu disiram dan seberapa sering mereka perlu disiram.

Jadi begitulah cara menyimpan tanaman hias saat ditinggal mudik. Anda bisa menerapkan hal-hal di atas sebelum mudik lebaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News