Keluarga

Cara Mengatasi Tanaman Hias Busuk karena Hujan, Begini Merawatnya

Cara Mengatasi Tanaman Hias Busuk karena Hujan, Begini Merawatnya

MOMSMONEY.ID - Musim sangat mempengaruhi kondisi pertumbuhan dan perkembangan tanaman hias. Tanaman hias indoor maupun outdoor membutuhkan perawatan setiap musimnya. Ada banyak tanaman hias busuk karena hujan.

Hal tersebut biasanya karena perawatan yang tidak sesuai musimnya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi tanaman hias busuk karena hujan. 

Tanaman hias busuk karena hujan sering terjadi apalagi jika tanahnya terendam air. 

Baca Juga: Cara Menjaga Tanaman Hias Tetap Bahagia dan Subur saat Cuaca Berubah

Untuk mengatasi hal tersebut, simak beberapa cara mengatasi tanaman hias busuk karena hujan berikut:

1. Cek potnya 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sistem sirkulasi air di dalam pot. Jika pot memiliki lubang di bagian bawah untuk membuang kelebihan air, maka periksalah kondisi tanah atau media tanam. Kalau media tanam tidak lengket, maka batasi jumlah air yang disiram.

Nah, jika tanah terlalu basah maka perlu dilakukan penggantian pot atau diberi lubang pada bagian bawahnya. Saat musim hujan, tanaman hanya membutuhkan sedikit air.

2. Siram sebelum jam 3 sore 

Merawat tanaman musim hujan

Sebaiknya menyiram tanaman pada pagi hari atau sebelum jam 3 sore saat hujan turun setiap hari. Mengapa perlu mempertimbangkan waktu penyiraman?

Pasalnya, sisa air pada media tanam tidak dapat menguap sempurna tanpa adanya angin dan sinar matahari yang cukup.

3. Periksa kondisi tanaman setiap hari 

Pada musim hujan, busuk akar pada tanaman sering terjadi. Selain terlalu banyak air, akar tanaman juga rentan terserang cacing jenis tertentu. Cacing ini menyebabkan infeksi sehingga perlu diperiksa setiap hari.

4. Pastikan untuk mendapatkan ventilasi dan cahaya yang cukup

Jika tanaman Anda ditempatkan di dalam ruangan, Anda perlu memastikan tanaman tersebut mendapat ventilasi udara dan cahaya yang cukup. Dan bila memungkinkan, jemurlah tanaman pada saat sinar Matahari pagi sedang hangat atau antara jam 8-10 pagi.

Baca Juga: Cara Menjaga Tanaman Hias Tetap Hidup di Cuaca Panas yang Menyengat, Anti Layu

5. Lakukan pemupukan pada waktu yang tepat

Pemberian pupuk sangat penting saat musim hujan. Berikan pupuk pada waktu yang tepat, dianjurkan pada pagi hari sekitar 7-11 pagi. 

Panduan perawatan tanaman musim hujan 

1. Berhati-hatilah saat memeriksa potnya sebelum menyiramnya. Mereka hanya memerlukan sedikit air pada periode ini. Penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan akar.

2. Pastikan sistem drainase pot berfungsi dengan baik, karena tidak boleh ada genangan air.

3. Selama musim hujan, tingkat kelembapan tinggi, jadi pastikan tanaman memiliki ventilasi dan cahaya yang cukup.

4. Untuk menjauhkan hama dan penyakit dari tanaman dalam ruangan Anda selama musim hujan, semprotkan tanaman tersebut dengan insektisida dan fungisida seminggu sekali.

5. Selama musim hujan, gulma dan serangga menjadi perhatian umum, karena hujan dan angin membawa hewan-hewan yang tidak diinginkan ini. Gulma dapat mengganggu nutrisi dan perkembangan alami tanaman. Singkirkan gulma dari kebun Anda sebelum menyebabkan kerusakan.

6. Selama musim hujan, katak dan kodok harus diizinkan berada di taman melalui air yang mengalir atau aliran sungai. Mereka memakan serangga dan membantu menjaga taman bebas dari serangga.

Jadi, begitulah cara mengatasi tanaman hias busuk karena hujan dan cara merawatnya. Simak baik-baik agar tanaman hias Anda tetap subur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News