Keluarga

Cara Perawatan Tanaman Hias Sesuai Usia, Ikuti Rencana dan Langkah-langkahnya

Cara Perawatan Tanaman Hias Sesuai Usia, Ikuti Rencana dan Langkah-langkahnya

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya setiap tanaman berbeda, setiap spesimen memiliki cara perawatan yang berbeda sesuai dengan umurnya. Artikel ini memberikan informasi mengenai cara perawatan tanaman hias sesuai usia. 

Cara perawatan tanaman hias sesuai usia ini perlu diperhatikan agar tanaman tetap subur. Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini cara perawatan tanaman hias sesuai usia. 

1 Minggu 

- Penyiraman 

Pada tahap ini, sirami tanaman secara menyeluruh dan tunggu hingga agak kering. Saat tanaman mulai tumbuh subur, pastikan tanah tetap sedikit kering.

- Campuran pot 

Campurkan satu bagian campuran berbahan dasar lumut gambut dan satu bagian pasir atau perlit untuk drainase yang baik. Anda juga bisa memilih campuran pot yang berkualitas.

- Posisi 

Pada titik ini, tanaman tidak dapat terkena sinar matahari langsung dan suhu yang berfluktuasi, jadi simpanlah dalam posisi stabil di mana terdapat cahaya tidak langsung dan lingkungan yang hangat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tanaman Hias Busuk karena Hujan, Begini Merawatnya

1 Bulan 

pohon pisang

- Penyiraman 

Ikuti aturan penyiraman yang sama seperti yang Anda praktikkan untuk tanaman berumur 1 minggu. Hindari penyiraman berlebihan pada segala usia, tetapi jangan biarkan tanah menjadi benar-benar kering.

- Memberi makan

Pada tahap ini, hindari memberi makan tanaman. Campuran pot yang berkualitas baik harus memenuhi semua kebutuhan pertumbuhan tanaman. Lakukan pemupukan pertama setelah berumur 6-8 minggu, saat tanaman sudah dapat dikatakan sudah mapan.

- Posisi 

Setelah satu bulan, Anda dapat memaparkan tanaman pada posisi yang lebih terang.

- Potong bagian atas 

Jika Anda melihat adanya pertumbuhan setelah menunggu beberapa bulan, potong bagian atas yang tumbuh di atas ruas daun untuk mendorong pertumbuhan yang lebih lebat. Trik ini berlaku untuk bibit, herba, tanaman keras, dan tanaman hias seperti coleus, philodendron, dan pothos.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Hias Gantung agar Tumbuh Subur dan Cantik

6 Bulan 

- Penyiraman 

Aturan penyiramannya sama untuk segala umur dan juga sesuai kebutuhan tanaman tertentu. Kurangi penyiraman di musim dingin dan jangan pernah menyiram tanaman secara berlebihan.

Ingat, menyiram secara berlebihan tidak berarti membasahi tanaman secara menyeluruh, tetapi melakukannya secara sering. Anda juga bisa mencoba menyiram bagian bawah. 

- Pemupukan 

Pada usia ini, Anda dapat melanjutkan dosis pemberian pakan secara teratur tergantung tanaman dan lokasinya. Untuk tanaman hias, lakukan setiap 2-4 minggu, dengan 1/4 dari kekuatan yang disarankan pada musim tanam aktif dan lihat bagaimana tanaman meresponsnya.

Baca Juga: Cara Menjaga Tanaman Hias Tetap Bahagia dan Subur saat Cuaca Berubah

1 Tahun dan Seterusnya

- Penyiraman 

Sirami tanaman saat lapisan atas tanah menjadi kering. Ini adalah pendekatan terbaik yang harus diikuti baik tanaman berumur 1 tahun atau 100 tahun!

- Memberi makan

Beri makan tanaman setiap 2-6 minggu sekali setelah mengencerkan pupuk hingga 1/2 hingga 1/4 dari kekuatan yang disarankan. Jangan menyuburkan tanaman di bulan-bulan dingin!

- Repoting

Jika Anda melihat akar tanaman keluar dari lapisan atas tanah atau lubang dasar wadah, inilah saatnya untuk direpoting. Gunakan wadah yang ukurannya satu lebih besar dari wadah lama – tidak lebih dari itu. Menggunakan campuran pot segar adalah ide yang bagus.

- Pemangkasan 

Pada tahap ini, tanaman akan siap untuk pemangkasan pertama. Namun, jangan menghilangkan bagian utama tanaman. Buang saja bagian batang yang mati dan rusak serta daun yang menguning atau coklat.

Anda juga bisa memotong 3-4 batang di atas buku untuk membuat tanaman lebih lebat.

Jadi, begitulah cara perawatan tanaman hias sesuai usia agar tetap tumbuh dengan baik. 

Selanjutnya: BI: The weakening of the Rupiah is Only Temporary

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News