Keluarga

Jawa Timur Mulai Hujan, Begini Prediksi Cuaca Hujan 22-23 Desember 2023!

Jawa Timur Mulai Hujan, Begini Prediksi Cuaca Hujan 22-23 Desember 2023!

MOMSMONEY.ID - Prakiraan cuaca hujan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Jumat-Sabtu, 22-23 Desember 2023 memprediksi Jawa masih akan kering. 

Melansir sosial media PPID BMKG dijelaskan wilayah Jawa dan Nusa Tenggara kembali alami panas dan tidak hujan karena tidak adanya tutupan awan. Sehingga sinar matahari intens atau optimal langsung ke permukaan bumi. 

Baca Juga: Tidak Sulit, Inilah 3 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

Kondisi ini dipicu oleh aktivitas pola tekanan rendah di sekitar Laut Cina Selatan yang menyebabkan berkurangnya aliran massa udara basah ke arah selatan ekuator. Kondisi ini bisa berlangsung dalam 3-4 hari ke depan lo namun melemah. Sehingga hujan diprediksi akan turun pada 23 Desember 2023!

Beruntungnya di wilayah Nusa Tenggara Timur yang memang sejauh ini intensitas hujannya masih rendah diprediksi akan hujan dalam dua hari ke depan. Sehingga ada baiknya untuk memanfaatkan kondisi ini untuk membuat penampungan air hujan ya! 

Ini prakiraan cuaca hujan Jumat, 22 Desember 2023

  • Sumatera: Hujan ringan. Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara berpotensi hujan sedang. Sumatera Barat, Jambi dan Aceh berpotensi hujan lebat.
  • Jawa: secara umum cerah berawan. Namun Jawa Timur dan Jawa Tengah berpotensi hujan sedang.
  • Bali dan Nusa Tenggara: Nusa Tenggara Barat berpotensi hujan sedang.
  • Kalimantan: Secara umum hujan ringan. Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur berpotensi hujan sedang. Sulawesi: Secara umum hujan ringan. Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Gorontalo berpotensi hujan sedang. Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah berpotensi hujan lebat.
  • Maluku dan Papua: Maluku, Papua Barat dan Maluku Utara berpotensi hujan sedang. Papua berpotensi hujan lebat. 

Baca Juga: 7 Makanan Murah Pembentuk Otot, Rutin Konsumsi setelah Olahraga

Ini prakiraan cuaca hujan Sabtu, 23 Desember 2023

  • Sumatera: Hujang ringan. Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Utara, dan Aceh berpotensi hujan sedang. 
  • Jawa: secara umum cerah berawan. Jawa Timur dan Jawa Barat berpotensi hujan sedang.
  • Bali dan Nusa Tenggara: cerah berawan.
  • Kalimantan: Secara umum hujan ringan. Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara berpotensi hujan sedang. 
  • Sulawesi: Secara umum hujan ringan. Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara berpotensi hujan sedang. Sulawesi Selatan berpotensi hujan lebat.
  • Maluku dan Papua: Maluku, Papua Barat, Maluku Utara berpotensi hujan sedang. Papua berpotensi hujan lebat.

Demikian prakiraan cuaca hujan dalam dua hari ke depan. Jangan lupa jaga kesehatan, siapkan penampungan air hujan dan sedia payung atau jas hujan jika wilayah Anda diprediksi turun hujan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News