Bugar

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Cepat, Ada 13 Cara

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Cepat, Ada 13 Cara

MOMSMONEY.ID - Bagaimana cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat? Mari simak beberapa caranya berikut ini.

Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Itulah mengapa penting bagi Anda untuk tahu cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat. Melansir dari laman Very Well Health, berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Minum obat penurun kolesterol

Obat penurun kolesterol seperti statin dapat mempercepat proses penurunan kolesterol. Biasanya, hasilnya mulai terlihat setelah sekitar satu bulan penggunaan.

Dokter biasanya akan memeriksa kadar kolesterol Anda kembali setelah enam minggu mengonsumsi obat tersebut.

Baca Juga: 9 Manfaat Bermain Badminton untuk Kesehatan Tubuh, Cek Ada Apa Saja!

2. Konsumsi lemak tak jenuh tunggal

Lemak tak jenuh tunggal, seperti yang terdapat pada minyak zaitun, kacang-kacangan, dan alpukat, dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Menurut American Heart Association, mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah moderat dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

3. Konsumsi lemak tak jenuh ganda

Lemak tak jenuh ganda, seperti asam lemak omega-3, juga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol. Sumber lemak tak jenuh ganda meliputi ikan, minyak biji bunga matahari, minyak kedelai, dan kenari. Lemak ini membantu melindungi sel-sel tubuh dan mengurangi kadar LDL.

4. Olahraga teratur

Berolahraga, terutama aerobik seperti berlari, bersepeda, atau berenang, sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Latihan seperti yoga dan berjalan juga bisa membantu.

5. Turunkan berat badan

Menurunkan berat badan sebanyak 5%-10% dapat menurunkan kadar LDL secara signifikan. Bahkan, penurunan berat badan yang kecil, dapat memberikan dampak positif pada penurunan kolesterol.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Makan Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh Anda

6. Berhenti merokok

Merokok meningkatkan kadar LDL dan mempercepat pembentukan LDL teroksidasi, yang merusak arteri. Berhenti merokok dapat menurunkan kadar kolesterol dalam beberapa bulan dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

7. Batasi konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah moderat, satu porsi sehari untuk wanita dan dua porsi untuk pria, dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang membantu mengurangi LDL. Namun, minum berlebihan bisa berdampak sebaliknya.

8. Hindari lemak trans

Lemak trans yang sering ditemukan dalam makanan olahan dan gorengan meningkatkan kadar LDL dan menurunkan HDL. Hindari makanan yang mengandung minyak terhidrogenasi, seperti kue, donat, dan keripik.

9. Konsumsi serat larut

Serat larut, yang ditemukan dalam makanan seperti buah-buahan, sayuran, gandum, dan kacang-kacangan, dapat menurunkan kadar LDL. Makanan tinggi serat ini juga membantu meningkatkan efektivitas obat penurun kolesterol.

Baca Juga: 11 Manfaat Minum Teh bagi Kesehatan Anda, Salah Satunya Kurangi Stres

10. Minum cuka sari apel

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi satu sendok makan cuka sari apel per hari selama delapan minggu dapat menurunkan kadar LDL. Namun, pastikan mengonsumsinya dengan jumlah moderat untuk menghindari efek samping.

11. Adopsi pola makan berbasis nabati

Mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, serta mengurangi daging merah, dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Pola makan berbasis nabati kaya akan serat dan rendah lemak jenuh.

12. Kurangi asupan daging

Daging merah tinggi lemak jenuh yang meningkatkan kadar LDL. Sebagai gantinya, pilihlah daging putih atau ikan, yang lebih baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Berhenti Berhubungan Intim dalam Waktu Lama?

13. Konsumsi suplemen

Beberapa suplemen, seperti serat larut, niasin, bawang putih, dan fitosterol, bisa membantu menurunkan kolesterol LDL secara alami. Namun, diskusikan penggunaan suplemen dengan dokter terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat yang dapat Anda coba terapkan. Untuk penggunaan obat-obatan atau suplemen, dianjurkan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu demi keamanan. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Israel Targetkan Fasilitas Minyak atau Bahkan Situs Nuklir Iran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News