Santai

Cara Mendapat Uang dari Youtube, Intip 5 Tips Mudah Ini

Cara Mendapat Uang dari Youtube, Intip 5 Tips Mudah Ini

MOMSMONEY.ID - Youtube menjadi salah satu media sosial yang menghasilkan banyak konten kreator. Tak heran, hal ini karena Youtube menghasilkan uang untuk mereka. Namun, bagaimana cara mendapat uang dari Youtube? 

Cara mendapat uang dari Youtube cukuplah mudah. Anda bisa menyimak artikel ini hingga akhir. 

Sebab, ada tips dan cara mendapat uang dari Youtube yang dapat dicoba. Selain menjadi konten kreator, cara mendapat uang dari Youtube yaitu bermitra dengan Youtube.

Baca Juga: Cara Menambah Subscriber YouTube, Simak Tips Paling Mudah Dapat Banyak Subscriber

Mengutip Nardwallet, berikut ini cara mendapatkan uang dari Youtube beserta tips mudahnya. 

1. Dapatkan penghasilan dengan iklan sebagai anggota Program Mitra YouTube

Anda harus bergabung dengan Program Mitra YouTube untuk mendapatkan uang dari iklan. Dan Anda tidak bisa menjadi mitra YouTube yang menyertakan iklan di saluran Anda sampai saluran tersebut melampaui ambang batas 1.000 pelanggan. 

Anda juga memerlukan 4.000 jam waktu tonton kolektif pada video berdurasi panjang dalam 12 bulan terakhir atau 10 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir.

Beberapa persyaratan tambahan berlaku sebelum Anda dapat menjadi mitra:

- Video Anda harus mematuhi kebijakan monetisasi YouTube. 

- Anda harus tinggal di area yang memenuhi syarat.

- Anda perlu menautkan akun Google AdSense. 

Klik bagian “dapatkan” di YouTube Studio untuk mendaftar. YouTube mengatakan biasanya mereka akan menghubungi Anda dalam waktu satu bulan setelah meninjau permohonan Anda untuk memberi tahu Anda apakah Anda disetujui atau tidak.

Sebagai mitra YouTube, Anda dapat memperoleh uang melalui iklan, fitur chat, dan dari pelanggan YouTube Premium yang menonton konten Anda. 

Platform ini juga memungkinkan mitra YouTube memperoleh pendapatan iklan di Shorts, yang merupakan video pendek mirip TikTok versi YouTube.

2. Pemasaran Afiliasi

download video youtube

Pemasaran afiliasi mungkin merupakan cara paling ramah bagi pemula untuk memonetisasi lalu lintas YouTube Anda, terutama jika Anda berencana membuat video ulasan produk. 

Baca Juga: Cara Memasukkan Bunga ke Dalam Vas, Simak 7 Tips Mudah Ini

Cara kerjanya seperti ini:

- Anda menemukan perusahaan atau penjual dengan program afiliasi, seperti Amazon Associates, dan mendaftar untuk bergabung.

- Setelah diterima, Anda akan menggunakan proses mereka untuk membuat tautan khusus ke produk yang ingin Anda tampilkan di video Anda.

- Demo, tinjau, atau buat referensi ke produk di video YouTube Anda, dan tempelkan tautan pemasaran afiliasi khusus Anda di bidang deskripsi saat Anda mengunggah.

Sebagai afiliasi suatu merek, Anda akan mendapat komisi saat pemirsa mengeklik tautan khusus Anda dan membeli produk.

Jika saluran Anda akhirnya mencapai lebih dari 15.000 pelanggan dan Anda memenuhi persyaratan kelayakan lainnya, Anda dapat menjelajahi program Afiliasi YouTube Shopping sebagai cara untuk meningkatkan penghasilan Anda.

3. Buat Konten Bersponsor

Perusahaan yang tertarik dengan pemirsa saluran Anda mungkin mensponsori video Anda atau menawarkan penawaran penempatan produk sebagai imbalan atas teriakan, yang disebut kesepakatan merek dalam bisnis.

Baca Juga: Mau Cuan? Ini 7 Cara Mendapatkan Uang dari Shopee dengan Mudah dan Efektif

Kata kuncinya di sini adalah “audiens”, yang berarti jenis kesepakatan ini lebih mungkin muncul saat Anda mengembangkan pengikut. 

Seiring berkembangnya saluran, Anda dapat menghubungi merek yang ingin Anda ajak bekerja sama secara langsung, atau menggunakan sumber daya seperti situs pemasaran afiliasi yang disebutkan di atas untuk menemukan mitra perusahaan yang melengkapi gaya konten Anda.

Dengan kesepakatan merek, Anda dapat menerima pembayaran sekaligus, mendapatkan komisi per penjualan, atau mendapatkan produk atau layanan secara gratis.

Perlu diingat: Jika Anda memiliki dukungan atau menggunakan penempatan produk dalam sebuah video, Anda harus memberi tahu YouTube dengan mencentang kotak di detail video Anda.

4. Jual Beberapa Merchandise

Jika Anda memiliki barang dagangan atau menawarkan layanan yang relevan dengan pemirsa Anda, beri tahu mereka tentang hal tersebut dan berikan tautan dalam video Anda.

Menjual produk fisik mungkin mengharuskan Anda membeli bahan atau mencari produsen, namun Anda juga dapat menjual produk yang dapat diunduh seperti e-book, cetakan seni, atau kelas virtual. Miliki sistem pembayaran yang aman sebelum Anda mengiklankan barang Anda.

Insentif untuk menjual: Meskipun menciptakan produk Anda sendiri mungkin jauh lebih sulit dibandingkan memasarkan produk dari perusahaan lain, Anda dapat memperoleh lebih banyak uang dengan cara ini, karena Anda akan mempertahankan sebagian besar pendapatan Anda sebagai pemilik produk.

Baca Juga: 8 Cara Menghasilkan Uang di TikTok Paling Mudah Tahun 2024, Bisa Dicoba!

5. Tawarkan Keanggotaan 

Model keanggotaan adalah cara lain untuk memonetisasi penayangan. Dengan metode ini, penggemar saluran membayar sedikit biaya berlangganan untuk mendapatkan keuntungan dan/atau tingkat akses eksklusif.

Patreon adalah platform keanggotaan pihak ketiga yang populer. YouTube telah meluncurkan fitur keanggotaan salurannya sendiri, namun Anda harus menjadi bagian dari Program Mitra YouTube agar memenuhi syarat.

Untuk langganan channel, Anda dapat bergabung dengan Program Mitra dengan 500 subscriber, 3 upload publik dalam 90 hari terakhir, dan 3.000 jam tonton publik pada video berdurasi panjang dalam 365 hari terakhir atau 3 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir. 

Hal ini berbeda dengan persyaratan kelayakan Program Mitra yang lebih tinggi jika Anda ingin memperoleh pendapatan melalui iklan di saluran Anda.

Seperti biasa, lebih banyak pemirsa dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan. Insentif seperti live stream khusus pelanggan, chat, atau fasilitas lainnya dapat menarik penonton untuk menjadi pelanggan berbayar. 

Ya, itulah beberapa cara mendapat uang dari Youtube. Anda bisa mendapatkan cuan hanya dengan  bermain media sosial. 

Selanjutnya: Ada 5 Penyakit Terkait Telapak Kaki Sakit, Waspadai Gangguan Saraf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News