Santai

8 Cara Menghasilkan Uang di TikTok Paling Mudah Tahun 2024, Bisa Dicoba!

8 Cara Menghasilkan Uang di TikTok Paling Mudah Tahun 2024, Bisa Dicoba!

MOMSMONEY.ID - TikTok, platform video pendek milik Bytedance dan dikenal sebagai Douyin di Tiongkok, telah ada sejak lama. Bukan sekedar platform media sosial, pengguna TikTok bisa menghasilkan uang dengan mudah. 

Bagaimana cara menghasilkan uang di TikTok paling mudah tahun 2024? Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk bisa menghasilkan uang di TikTok.

Cara menghasilkan uang di TikTok tidak harus menjadi selebriti atau artis. Namun, semua orang bisa menghasilkan uang di TikTok dengan mudah. 

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Komentar TikTok Tidak Muncul di Android dan iPhone

TikTok sangat populer di kalangan remaja dan dewasa muda, sehingga cocok bagi influencer yang mencari platform baru untuk membangun pengikut.

Mengutip Nealschaffer, berikut ini cara menghasilkan uang di TikTok paling mudah tahun 2024. 

1. Pendapatan Afiliasi

Salah satu metode paling populer untuk menghasilkan uang di TikTok adalah melalui pemasaran afiliasi. Ada sejumlah cara berbeda untuk memperoleh penghasilan afiliasi, beberapa di antaranya lebih menguntungkan daripada yang lain. 

Cara pertama adalah dengan merekomendasikan produk dan layanan di video Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menautkan ke toko online mana pun di deskripsi video Anda dan menggunakan tautan afiliasi saat Anda melakukannya. Jika seseorang melakukan pembelian setelah mengklik link Anda, Anda akan mendapat komisi.

2. Berjualan di TikTok

Tiktok Shop Resmi Ditutup

Belanja TikTok diperkenalkan pada tahun 2021 dan telah merevolusi cara orang berbelanja. Platform ini memungkinkan Anda membeli produk langsung dari TikTok, sehingga memudahkan orang untuk membeli barang. Platform ini memiliki jutaan pengguna dan terus berkembang dari hari ke hari. 

Alhasil, brand pun kini bersemangat menjual produknya melalui TikTok. Jika Anda memiliki brand yang menjual merchandise, ada baiknya Anda mendaftar belanja TikTok dan mempromosikan produk Anda di platform baru ini.

3. Live Streaming

Anda dapat menggunakan fitur streaming langsung yang ada di dalam aplikasi untuk menyiarkan diri Anda sendiri dan menghasilkan uang setiap kali seseorang menonton streaming Anda. 

Baca Juga: Cara Aktifkan Mode Picture in Picture di TikTok dengan Mudah, Ikuti Panduan Berikut

Setiap kali seseorang menonton streaming Anda, mereka dapat mengirimi Anda sumbangan koin yang kemudian dapat Anda tukarkan dengan uang tunai.

Jumlah uang yang Anda peroleh bergantung pada berapa banyak orang yang menonton streaming Anda; semakin banyak pemirsa, semakin banyak uang yang dapat Anda hasilkan! 

4. Mendaftar ke Dana Pembuat TikTok

Salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang di TikTok adalah dengan mendaftar ke Dana Pembuat TikTok. Dana ini didirikan oleh TikTok untuk memberi penghargaan kepada pembuat konten yang memposting konten asli yang mengikuti praktik terbaik dan pedoman komunitas platform.

Agar memenuhi syarat untuk dana tersebut, Anda harus berusia 18 tahun ke atas dengan setidaknya 10.000 pengikut dan video TikTok Anda harus telah ditonton 100.000 kali selama 30 hari terakhir. Itu cara yang bagus untuk mendapatkan uang ekstra untuk kerja keras Anda!

Dana Pembuat TikTok adalah cara terbaik untuk memonetisasi video Anda dan menghasilkan uang darinya. Anda tidak hanya akan mendapat kompensasi yang layak atas kreativitas Anda, namun Anda juga akan berkontribusi terhadap pertumbuhan platform.

Baca Juga: Cara Ubah Akun TikTok Jadi Private, Tidak Bisa Dilihat Semua Orang

5. Mulai Patreon 

Patreon adalah platform yang memungkinkan pengikut Anda mendukung Anda dengan pembayaran bulanan. Bergantung pada jenis konten yang kamu buat, dan jumlah patron yang kamu miliki, kamu dapat mengenakan biaya berapa pun yang kamu suka.

Dengan menawarkan imbalan eksklusif kepada mereka yang berkontribusi pada tingkat yang berbeda, Anda dapat memberikan insentif kepada orang lain untuk lebih mendukung Anda.

Misalnya, jika Anda membuat konten di TikTok, Anda dapat menawarkan cuplikan di balik layar karya Anda, obrolan langsung dengan penggemar, atau bahkan waktu berduaan dengan diri Anda sendiri sebagai hadiah bagi mereka yang berjanji lebih banyak. Pengikut Anda pasti akan menghargai upaya ekstra dan kemungkinan besar akan mendukung Anda di masa mendatang.

6. Jual Merchandise ke Pengikut

Cara hebat lainnya untuk menghasilkan uang di TikTok adalah dengan menjual barang dagangan ke pengikut Anda. Baik itu kaos custom dengan nama pengguna atau merek Anda, topi, casing ponsel, atau barang lainnya, Anda bisa mendapatkan keuntungan mudah dengan menjual barang-barang tersebut. Ditambah lagi, karena barang-barang ini biasanya berharga murah, margin keuntungannya pun tinggi!

Baca Juga: Cara Melihat Profil TikTok Secara Anonim, Tips Stalking Tanpa Ketahuan

Dengan sedikit kreativitas dan kerja keras, Anda bisa mendapatkan penghasilan besar dari menjual merchandise di TikTok. Ini adalah cara terbaik untuk berinteraksi dengan penggemar sambil memonetisasi konten Anda. 

7. Dapatkan Penawaran Merek/Sponsor

Merek selalu mencari influencer untuk diajak bermitra, dan TikTok pun demikian. Jika Anda memiliki pengikut yang kuat di platform ini, Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan kesepakatan merek. Kesepakatan ini bisa berupa apa saja, mulai dari produk gratis hingga uang tunai.

Kunci untuk mendapatkan kesepakatan merek adalah membangun hubungan yang solid dengan merek terlebih dahulu. Anda dapat mengirim email tetapi jangan hanya mengirimi mereka DM yang meminta uang; sebagai gantinya, buat konten yang menampilkan produk mereka dan bagikan di TikTok. Ini akan menunjukkan kepada mereka betapa berharganya Anda sebagai seorang influencer.

8. Buat AKun TikTok dan Jual

Anda juga dapat membuat dan menjual akun TikTok. Faktanya, ini adalah cara terbaik bagi Anda untuk menghasilkan uang di platform ini. Kunci untuk melakukan hal ini adalah membangun akun dengan pengikut, suka, dan pandangan yang kuat. Misalnya, jika Anda memiliki banyak pengikut di TikTok, Anda dapat menjual profil Anda ke influencer lain.

Ini akan memungkinkan mereka untuk memperluas basis audiens dan kesadaran merek. Ada juga beberapa merek yang bersedia membayar untuk akun tersebut. Hal ini karena mereka ingin menjangkau audiens yang lebih besar dan menjadi lebih terlihat di platform.

Nah itulah beberapa ide dan cara menghasilkan uang di TikTok paling mudah tahun 2024. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News