Keluarga

Cara Membersihkan Talenan setelah Memotong Daging Mentah

Cara Membersihkan Talenan setelah Memotong Daging Mentah

MOMSMONEY.ID - Usai memotong daging mentah, ada cara khusus untuk membersihkan talenan supaya tidak bau dan bakteri hilang.

Tak hanya tangan yang perlu dibersihkan sebelum dan sesudah menyiapkan masakan. Untuk menghindari keracunan makanan, penting juga untuk selalu membersihkan talenan. 

Jika talenan tidak dibersihkan dengan baik, maka akan ada bakteri berbahaya yang menyebar ke makanan moms. Lalu bagaimana cara membersihkan talenan setelah memotong daging mentah?

Melansir Eat Right, setelah memotong daging, ikan atau ayam mentah segera bersihkan talenan. Cuci menggunakan air sabun hangat. Kemudian beri cairan disinfektan dan bilas. 

Baca Juga: Pilihan Minuman Sehat yang Dapat Dikonsumsi di Pagi Hari, Mau Coba?

Untuk membuat cairan disinfektan gunakan 1 sendok pemutih untuk 3,78 liter air. Basahi talenan dengan campuran ini kemudian bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan tisue. Jika sudah angin-anginkan. 

Anda harus menjaga kebersihan talenan Anda. Sebab, cairan dari daging mentah bisa membuat kontaminasi silang pada makanan Anda. Tentunya, ini akan berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga. 

Untuk menjaga keamanan, Anda bisa menggunakan satu talenan khusus untuk daging mentah. Kemudian satu lagi untuk makanan siap saji seperti buah dan roti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News