Bugar

Buah Segar dan Lezat, Ini Lo Nutrisi dan Manfaat Belimbing untuk Kesehatan!

Buah Segar dan Lezat, Ini Lo Nutrisi dan Manfaat Belimbing untuk Kesehatan!

MOMSMONEY.ID - Apa saja sih kandungan nutrisi dan manfaat belimbing untuk kesehatan? Mari simak ulasannya di sini!

Belimbing jadi salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Buah ini biasanya disajikan bersama bumbu rujak yang nikmat ataupun dijadikan sebagai jus yang menyegarkan. Selain memiliki rasa yang lezat dan segar, belimbing rupanya menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.

Belimbing adalah buah rendah kalori yang kaya akan berbagai vitamin dan nutrisi penting, termasuk serat, protein, vitamin C, vitamin B5, folat, tembaga, kalium, dan magnesium.

Baca Juga: 10 Cara Meredakan Asam Lambung Naik dengan Cepat dan Tepat

Menyadur dari WebMD, di bawah ini adalah beberapa manfaat belimbing untuk kesehatan:

1. Kemampuan anti-inflamasi

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam belimbing menjadikannya agen anti-inflamasi yang efektif. Konsumsi belimbing dapat membantu mengurangi gejala kondisi kulit seperti psoriasis dan dermatitis.

Baca Juga: 5 Manfaat Stroberi untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Trigliserida

2. Membantu penurunan berat badan

Serat dalam belimbing dapat meningkatkan metabolisme dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori. Belimbing juga merupakan camilan rendah kalori yang cocok untuk program penurunan berat badan.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Belimbing menyediakan dosis vitamin C yang sehat. Konsumsi belimbing membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang melawan infeksi, sehingga meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Bantu Kontrol Gula Darah dan Sehatkan Pencernaan

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan kalium dalam belimbing membantu menurunkan tekanan darah, yang dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Penelitian juga menunjukkan bahwa belimbing dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

5. Melancarkan pencernaan

Serat dalam belimbing membantu memperlancar proses pencernaan, mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit, kembung, kram, dan diare.

Baca Juga: Apakah Asam Urat Boleh Diurut? Intip Jawabannya di Sini

Nah, itulah sejumlah manfaat belimbing untuk kesehatan yang jarang diketahui. Belimbing dapat dinikmati segar, dijadikan jus, atau ditambahkan ke salad dan hidangan lainnya.

Meskipun kaya akan nutrisi dan manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa belimbing mengandung asam oksalat, yang dapat berbahaya bagi orang dengan gangguan ginjal.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi belimbing jika Anda memiliki masalah ginjal atau batu ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News