Keluarga

Bodo Amat! 6 Cara Ini Jadikan Dirimu Lebih Cuek dari Segala Omongan Orang

Bodo Amat! 6 Cara Ini Jadikan Dirimu Lebih Cuek dari Segala Omongan Orang

MOMSMONEY.ID - Mental jadi lebih sehat dengan cuek & mengabaikan opini orang lain. Bagaimana cara menjadi pribadi yang lebih “bodo amatan”? Tiru tips-tipsnya berikut ini.

Tak semua orang bisa berubah menjadi pribadi cuek secara tiba-tiba. Terkadang, rasa “tidak enak” menghambat mereka untuk tak memedulikan omongan orang lain.

Nah berikut ini Momsmoney berikan berbagai tips jadi pribadi cuek yang tak memedulikan pemikiran orang lain. Coba tipsnya di bawah ini!

Baca Juga: Sulit Kendalikan Emosi? Tiru 8 Cara Lampiaskan Amarah ke Hal Positif

Tinggalkan orang yang tak tertarik dengan kita

Pernahkah Anda di-ghosting setelah melakukan kencan pertama? Mulai sekarang, berhentilah mengemis cintanya!

Orang-orang yang bermental baja selalu mengutamakan diri sendiri daripada harus mengemis kepada orang lain. Sebab mereka tahu seberapa berharganya mereka untuk diri sendiri.

Mereka tidak akan “mengemis” hanya agar disukai oleh orang lain.

Baca Juga: 8 Tips Melatih Keterampilan Public Speaking pada Anak Sejak Dini, Anti Gugup!

Berani katakan “Tidak!”

Untuk bisa jadi pribadi cuek yang tak pedulikan omongan dan pemikiran orang lain, maka beranilah untuk berkata “Tidak” pada apa yang tidak anda sukai.

Martha Beck dalam Susie Moore berkata, “Ketika harus mengatakan ‘ya atau tidak’ maka pilihlah jawaban yang paling membuat Anda merasa sedang merasakan kebebasan”.

Artinya, jawablah “tidak” jika anda tidak benar-benar mau. Jangan malah berkata “ya” dengan hati yang terasa berat.

Ironisnya, orang-orang yang berani berkata “tidak” justru cenderung lebih banyak dihormati oleh rekan kerja, daripada orang-orang yang sulit untuk berkata “tidak”.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Inilah 5 Kebiasaan Masa Kini yang Dapat Merusak Otak

Ekspresikan emosi dengan cara sehat

Agar jadi pribadi cuek, cobalah untuk mengekspresikan seluruh emosimu dengan cara yang sehat.

Melansir dari Insider, Anda harus bisa jujur pada apa yang sedang Anda rasakan. Apabila Anda sedang gugup, maka katakanlah bahwa Anda gugup. Apabila sedang sedih, maka katakan bahwa Anda sedih.

Mengekspresikan emosi dengan cara yang sehat tak hanya akan membuat mental jadi stabil, tapi juga sebagai pembelajaran diri agar lebih cuek dan tak pedulikan omongan orang lain.

Baca Juga: Jauhi 8 Tipe Teman Toxic ini yang Bikin Mental Jadi Tak Sehat

Jangan membuat asumsi

Apa yang Anda pikirkan, belum tentu benar-benar dipikirkan oleh orang lain. Anda tak akan tahu apa yang mereka pikirkan, kecuali jika Anda bertanya kepada mereka.

Sebuah studi tahun 2016, melalui Good Habits, menemukan bahwa para peserta memiliki gambaran tentang bagaimana orang lain memandang mereka. Namun sebagian besarnya, mereka tidak mengetahuinya.

Fakta membuktikan bahwa persepsi yang Anda pikirkan punya kemungkinan salah yang besar. Sehingga ada baiknya Anda cuek dan tak pedulikan omongan orang lain, sebab itu hanya akan membuatmu stres & cemas.

Baca Juga: Anti Konsumtif, Ini 7 Cara Berhenti Belanja Pakaian yang Tak Dibutuhkan

Kita adalah orang yang mengkritik diri paling keras

Mulai sekarang, Anda harus menjadi pribadi yang cuek. Sebab nyatanya, orang yang paling sering mengkritik kita bukanlah orang lain, melainkan diri sendiri.

Sebuah studi penelitian di tahun 2019, melalui Develop Good Habits, menyatakan bahwa manusia cenderung berpikir bahwa orang lain akan menilai buruk diri kita. Padahal kenyataannya tidak.

Dibandingkan 1000 hal baik, kita cenderung hanya akan mengingat 1 keburukan saja. Padahal, mengakui bahwa tak ada manusia yang sempurna adalah sebuah cara yang efektif untuk membuat mental jadi stabil.

Itulah deretan tips jadi pribadi cuek yang tak pedulikan omongan orang lain. Sebab orang yang cuek cenderung memiliki kestabilan emosi dan mental yang baik.

Selanjutnya: Divestasi Kelar, Vale Indonesia (INCO) Segera Dapat Perpanjangan IUPK 20 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News