Bugar

Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Kelebihan Makan Garam?

Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Kelebihan Makan Garam?

MOMSMONEY.ID - Garam adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan. Meskipun penting bagi tubuh, konsumsi garam yang berlebihan bisa berakibat serius bagi kesehatan. Apa yang terjadi pada tubuh jika kelebihan makan garam? Dan apa saja tanda tubuh kelebihan garam?

MomsMoney akan mengulasnya pada kesempatan kali ini. Simak hingga akhir, ya!

Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Kelebihan Makan Garam

Melansir dari laman Healthline, ini hal yang terjadi pada tubuh Anda jika kelebihan makan garam:

1. Meningkatkan Tekanan Darah

Garam rupanya dapat meningkatkan tekanan darah apabila dikonsumsi secara berlebihan. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengurangi asupan garam sebanyak 4,4 gram per hari bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan. Faktor seperti obesitas dan penuaan juga dapat meningkatkan risiko hipertensi akibat konsumsi makanan tinggi garam.

Baca Juga: Manfaat Beras Merah untuk Diabetes, Bisa Turunkan Gula Darah lo

2. Meningkatkan Risiko Kanker Perut

Selain itu, asupan garam yang tinggi juga dikaitkan dengan risiko kanker perut yang lebih besar. Studi menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi sekitar 3 gram garam per hari memiliki risiko kanker perut hingga 68% lebih tinggi dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari 1 gram per hari.

Meskipun mekanisme pasti bagaimana garam meningkatkan risiko kanker perut belum sepenuhnya dipahami, diduga bahwa garam memicu peradangan pada lapisan perut, yang meningkatkan kerentanan terhadap kanker.

3. Memicu Penyakit Jantung dan Kematian Dini

Hubungan antara konsumsi garam yang tinggi dengan penyakit jantung dan kematian dini masih menjadi subjek debat.

Beberapa studi mengindikasikan bahwa asupan garam yang tinggi bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah dan pengerasan pembuluh darah, yang mungkin meningkatkan risiko penyakit jantung dan kematian dini.

Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa asupan garam yang rendah mungkin justru meningkatkan risiko tersebut. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi hubungan ini.

Baca Juga: 6 Minuman Penghancur Lemak Tubuh yang Cocok untuk Diet, Cek di Sini!

Tanda Tubuh Kelebihan Garam

Mengutip dari Eating Well, di bawah ini adalah beberapa tanda tubuh kelebihan garam yang perlu Anda waspadai:

1. Pembengkakan Tubuh

Konsumsi garam yang berlebih dapat menyebabkan tubuh menahan air, yang mengakibatkan pembengkakan. Misalnya saja seperti mata bengkak dan pembengkakan pada jari atau pergelangan kaki.

2. Sering Sakit Kepala

Kelebihan garam dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh, yang bisa menyebabkan dehidrasi dan sakit kepala. Kondisi ini juga bisa disertai dengan gejala lain seperti mual, pusing, dan dalam kasus yang parah, muntah, yang semakin memperparah sakit kepala.

Minum banyak air dapat membantu mengatasi masalah ini dengan membantu mengeluarkan kelebihan natrium dari tubuh.

Baca Juga: 6 Pilihan Makanan untuk Penderita Diabetes biar Tidak Lemas

3. Rasa Haus yang Berlebihan

Jika Anda merasa mulut kering dan sering haus, itu bisa jadi karena tingginya kadar natrium. Garam menyebabkan tubuh menarik cairan dari jaringan, sehingga menciptakan defisit cairan dan meningkatkan rasa haus.

Solusinya adalah minum banyak air dan waspada terhadap asupan makanan asin Anda, termasuk memeriksa label makanan untuk kandungan natrium yang mungkin tidak Anda sadari.

4. Sering Buang Air Kecil

Jika Anda sering buang air kecil, ini mungkin adalah respons tubuh terhadap asupan garam yang tinggi. Setelah Anda memuaskan rasa haus Anda, tubuh akan berusaha menyaring kelebihan garam yang menyebabkan rasa haus tersebut.

Garam juga mempengaruhi fungsi ginjal, yang berarti konsumsi garam yang berlebih dapat menyebabkan stres pada ginjal dan potensi kerusakan jangka panjang.

Baca Juga: 10 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Tekanan Darah

5. Keinginan Makanan Asin yang Tinggi

Jika Anda sering menginginkan makanan asin seperti keripik atau kentang goreng, itu bisa jadi karena tubuh Anda telah terbiasa dengan rasa asin yang menyebabkan Anda terus menginginkan lebih.

Untuk mengatasi ini, cobalah mengurangi asupan garam secara bertahap dan pilih bumbu atau rempah-rempah tanpa garam untuk memberikan rasa tanpa menambah natrium.

Nah, demikianlah ulasan lengkap mengenai apa yang terjadi pada tubuh jika kelebihan makan garam serta tanda tubuh kelebihan garam. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News