Keluarga

Bisa Dibeli di Pasar, Ketahui 9 Jenis Sayuran Murah Penurun Kolesterol Jahat

Bisa Dibeli di Pasar, Ketahui 9 Jenis Sayuran Murah Penurun Kolesterol Jahat

MOMSMONEY.ID - Bisa dibeli di pasar dengan harga yang sangat murah, coba konsumsi beberapa jenis sayuran penurun kolesterol jahat berikut ini.

Gaya hidup tak sehat merupakan penyebab utama meningkatnya LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

Kadar kolesterol yang meningkat membuat Anda lebih rentan terhadap risiko serangan jantung dan stroke.

Menurut penelitian, serat larut membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL). Sayuran tergolong ke dalam jenis makanan bebas kolesterol & lemak jenuh. Serat larut dapat memperlambat penyerapan kolesterol & mengurangi jumlah kolesterol yang dihasilkan hati.

Terdapat 9 sayuran murah yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Dilansir dari Hindustan Times dan Fibercreme, ini dia artikelnya.

Baca Juga: Cara Perbaiki Pola Makan Akibat Kolesterol Tinggi Setelah Banyak Makan Daging

Buncis

Buncis Krispi Bawang Putih

Buncis tergolong ke dalam sayuran murah penurun kolesterol. Buncis dapat menurunkan kadar kolesterol jahat jika dikonsumsi setiap hari. Buncis juga dikenal dapat membuat kadar kolesterol Anda kembali terkendali.

Kacang panjang

Kacang panjang juga merupakan salah satu sayuran murah penurun kolesterol. Di dalamnya terdapat kandungan serat yang padat serta rendah lemak & kalori yang mana sangat aman dan baik dikonsumsi oleh orang-orang dengan penyakit jantung.

Baca Juga: Makanan Terlalu Berminyak? Ini Cara Kurangi Minyak Berlebih pada Makanan

Bayam

Bayam membantu tubuh mengeliminasi kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar vitamin & mineral dalam tubuh.

Setelah diteliti, mengonsumsi bayam yang disertai dengan pola hidup sehat terbukti ampuh menghilangkan kolesterol jahat.

Lobak

Lobak

Sayuran murah penurun kolesterol ada pada lobak. Ia merupakan sumber antosianin yang bukan cuma dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, tapi juga mencegah peradangan pembuluh darah & arteri.

Kubis

Turunkan kadar kolesterol berlebih di tubuhmu dengan rutin konsumsi sayur kubis.

Kubis merah

Baca Juga: 4 Cara Diet Ampuh Turunkan Kolesterol dalam Tubuh, Cari Tahu Yuk!

Kubis merupakan jenis sayuran yang memiliki serat tinggi dan antioksidan. Kubis memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah hadirnya penyakit jantung akibat kolesterol.

Adanya vitamin C yang terkandung dalan sayuran yang satu ini juga membantu mengatur tingkat tekanan darah dalam tubuh sekaligus dapat menghilangkan kadar kolesterol jahat.

Wortel

Wortel dapat mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jagat dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena wortel kaya akan sumber beta karoten serta memiliki banyak serat yang dikandungnya.

Seluruh kandungan nutrisi yang terdapat dalam wortel dapat meningkatkan kesehatan jantung serta membantu pemurnian darah.

Baca Juga: Anti Kolesterol, Ini 8 Bahan Makanan Pengganti Santan untuk Menu Puasa dan Lebaran

Brokoli

Brokoli adalah sayuran berserat tinggi dengan sumber vitamin C yang banyak. Kandungan kalsium di dalamnya juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Serat dalam brokoli membantu mengeluarkan kadar kolesterol jahat (LDL) dari dalam tubuh.

Kangkung

resep tumis kangkung

Kalium, kalsium, serat, dan folat hanya sebagian komponen penjaga kesehatan jantung yang terdapat dalam kangkung. Dengan menurunkan kadar LDL, maka Anda akan meminimalisir risiko penyakit jantung.

Meski harganya murah, kangkung mengandung lutein yang diketahui, menurut Healthshots, bisa menurunkan kadar kolestrol dengan mencegah penumpukannya di dalam tubuh.

Baca Juga: Mengenal Diabetes Tipe 2 dan Cara Pencegahannya Sejak Usia Dini

Terong

Terong dapat menjadi makanan penurun kolesterol lewat cara yang cukup unik.

Melansir dari FiberCreme, terong mengatasi stres oksidatif, yang mana merupakan salah satu penyebab kadar kolesterol jadi tinggi karena dapat memicu peradangan kronis & merangsang pembentukan plak di pembuluh darah.

Itulah sederet sayuran murah penurun kolesterol yang dapat Anda konsumsi sebagai salah satu cara menjalani pola hidup sehat.

Selanjutnya: Cek, Rincian Gaji PPPK Golongan IX dan Tunjangannya di Instansi Pusat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News