Keluarga

Cara Perbaiki Pola Makan Akibat Kolesterol Tinggi Setelah Banyak Makan Daging

Cara Perbaiki Pola Makan Akibat Kolesterol Tinggi Setelah Banyak Makan Daging

MOMSMONEY.ID - Pusing akibat kadar kolesterol naik tiba-tiba setelah banyak makan daging di perayaan Idul Adha? Yuk, mulai perbaiki pola makan dengan cara simpel berikut ini.

Batasi garam

Garam dalam Makanan

Untuk dapat mengurangi kolesterol yang telah naik akibat banyak makan daging, Anda bisa mulai pola hidup sehat dengan membatasi garam.

Batasi konsumsi garam dengan tidak lebih dari 2.300 mg atau setara dengan 1 sendok teh garam.

Membatasi garam tidak akan mengurangi kolesterol, tetapi akan mengurangi risiko penyakit jantung dengan membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Daging Domba untuk Kesehatan, Baik untuk Sistem Saraf

Banyak makan buah dan sayur

Untuk dapat turunkan kadar kolesterol yang tinggi setelah sembarangan makan, Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi buah dan sayur.

Diet kaya buah dan sayur dapat meningkatkan senyawa penurun kolesterol yang disebut stanol/sterol yang bekerja seperti serat yang dapat larut.

Makanan nabati

Kacang merah

The Heart Foundation yang dilansir dari Better Health merekomendasikan agar orang-orang mengikuti pola makan nabati agar jantung tetap sehat.

Makanan ini meliputi biji-bijian, buah, dan kacang-kacangan yang baik untuk jantung. Pilih juga yang kandungan sodiumnya rendah.

Makanan seperti ini meliputi buncis, kacang merah, lentil, kacang polong, tofu, dan sebagainya.

Baca Juga: 8 Jenis Sate Indonesia dari Berbagai Daerah, Ada Sate Jando-Maranggi

Omega-3

Pola makan yang baik untuk turunkan kolesterol bisa dilakukan dengan memperbanyak asupan ikan yang kaya akan asam lemak Omega-3.

Melansir dari Medline Plus, Omega-3 tidak akan menurunkan LDL (kolesterol jahat) Anda, tetapi dapat membantu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) Anda.

Salmon segar

Omega-3 juga dapat melindungi jantung dari pembekuan darah dan mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Ikan ini termasuk salmon, tuna, dan makarel. Konsumsilah 2-3 kali setiap minggunya.

Baca Juga: Secara Mengejutkan, Ternyata Ada 6 Sayuran yang Bikin Berat Badan Mudah Naik

Gunakan minyak yang sehat

Pola hidup sehat untuk mulai menurunkan kadar kolesterol adalah memulainya dengan mengganti minyak goreng biasa menjadi minyak yang lebih sehat.

Anda bisa menggantinya dengan minyak kanola, minyak bunga matahari, minyak kedelai, minyak zaitun ekstra virgin, minyak wijen, dan minyak kacang.

Melansir dari Mayo Clinic, Anda juga bisa mengonsumsi alpukat, saus tahini, hingga selai kacang yang mengandung lemak tak jenuh daripada memilih mentega untuk dikonsumsi.

Demikian cara-cara perbaiki pola makan bagi Anda yang merasa pusing akibat kolesterol naik setelah terlalu banyak makan daging di perayaan Idul Adha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News