Keluarga

Bibir Sering Pucat? Ketahui 7 Arti Warna Bibir Berdasarkan Tanda Kesehatan

Bibir Sering Pucat? Ketahui 7 Arti Warna Bibir Berdasarkan Tanda Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Anda bisa mengetahui gejala kesehatan yang tubuh tengah alami hanya berdasarkan warna bibir.

Untuk mengetahui apakah ada masalah kesehatan pada tubuhmu atau tidak, mari simak beberapa arti warna bibir berikut ini yang diambil dari ilmu pengobatan tradisional Tiongkok, berikut ini!

Bibir warna pucat

Jika bibirmu berwarna pucat, putih, ataupun keabu-abuan, maka segeralah periksakan diri ke dokter & lakukan tes darah. Besar kemungkinan Anda mengidap anemia karena kekurangan sel darah merah atau hemoglobin.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Makan Pisang Setiap Hari, Bolehkah?

Menurut ilmu tradisional China yang dikutip dari Nspirement, warna bibir pucat menandakan terlalu banyak energi “yin” atau energi dingin. Ini menyebabkan pencernaan berjalan lebih lamban & membuat tangan serta kaki terasa dingin.

Agar darahmu kembali normal & menghilangkan energi dingin tersebut, perbanyaknya konsumsi makanan penambah darah seperti buah raspberry, bayam, daging sapi & domba, labu, hingga seafood.

Bibir warna biru

Bibir warna biru menandakan kurangnya oksigen dalam darah. Dalam istilah medis, warna kebiruan ini disebut “sianosis” dengan tingkat keparahan yang beragam.

Baca Juga: 5 Vitamin yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Berbahaya Bagi Tubuh

Sianosis bisa disebabkan karena adanya gangguan jantung, gangguan paru-paru, atau akibat tersedak yang seluruhnya berujung pada kurangnya pasokan oksigen yang membuat bibir membiru.

Bibir warna pink kemerahan

Bibir merah alami

Arti warna bibir pink kemerahan menandakan bahwa tubuh Anda sangat sehat.

Ini berarti Anda menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga & makan makanan bergizi seimbang, dan kadar stres yang rendah.

Baca Juga: 6 Makanan yang Mengandung Vitamin C Lebih Tinggi dari Jeruk

Bibir warna merah terang

Bibir Merah

Melansir dari laman Woman Triangle, arti warna bibir merah menandakan bahwa tubuh Anda sedang mengalami sindrom panas.

Sindrom panas bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari tubuh kepanasan, habis menyantap makanan pedas, hingga adanya gangguan pada limpa & hati.

Garis warna ungu di tepi bibir

Pernahkah bibirmu berwarna keunguan di sekeliling/tepi bibir? Jika ya, maka ini menandakan adanya ketidakseimbangan energi dalam tubuh.

Baca Juga: Tingkatkan Kadar O2 ke Otak, Inilah 5 Jenis Makanan yang Kaya Akan Oksigen

Sementara menurut seorang ahli Traditional Chinese Medicine (TCM), Dokter Tjai Kang Jie, yang dikutip melalui All Things Health, warna bibir ungu menunjukan adanya stasis darah (kondisi dimana darah terhenti di satu tempat akibat kurangnya aktivitas fisik).

Cara memperbaiknya adalah dengan memperhatikan asupan makanan & mengurangi stres. Serta perbanyak makanan yang memiliki energi netral seperti nasi, wortel, kentang, ikan, almond, dan apricot.

Bibir warna ungu kehijauan

Melansir Fakaza News, arti warna bibir ungu kehijauan mengindikasikan adanya masalah pada jantung & sistem pernapasan.

Baca Juga: 6 Jenis Tepung Paling Sehat yang Bisa Jadi Pengganti Tepung Terigu

Bibir warna merah tua kehitaman

Bibir hitam

Arti warna bibir merah tua kehitaman menandakan bahwa sistem pencernaan anda sedang kelebihan beban. Maka dari itu, anda wajib mengurangi junk food hingga pencernaan kembali seimbang.

Perbanyak konsumsi sayuran & buah tinggi serat, bubur, yogurt, dan ubi jalar. Disarankan juga untuk meminum campuran air hangat dengan perasan lemon setiap hari.

Itulah deretan arti warna alami bibir berdasarkan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Drama Korea Hierarchy Berapa Episode? Ini Sinopsis Hierarchy Dibintangi Kim Jae Won

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News