Keluarga

5 Vitamin yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Berbahaya Bagi Tubuh

5 Vitamin yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Berbahaya Bagi Tubuh

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, ternyata ada deretan suplemen vitamin yang tak boleh dikonsumsi bersamaan, lho!

Suplemen vitamin berikut ini dianggap berbahaya bagi tubuh dan akan merusak kinerja fungsi tubuh yang seharusnya.

Untuk mencegah ini terjadi, mari cari tahu bersama-sama apa sajakah jenis suplemen vitamin yang dimaksud, ini dia selengkapnya.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Makan Pisang Setiap Hari, Bolehkah?

Kalsium & zat besi

Kekurangan zat besi

Kalsium maupun zat besi sama sama penting bagi tubuh. Namun kedua suplemen ini tak boleh dikonsumsi bersamaan karena kalsium dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.

“Penelitian menunjukkan bahwa kalsium dapat menghambat penyerapan zat besi heme, yakni zat besi yang banyak ditemukan pada daging, ikan, dan unggas. Serta zat besi non-heme, yakni zat besi yang ditemukan pada tumbuhan,” ujar Umo Callins, R.D yang dikutip melalui MSN.com.

Untuk orang-orang yang kekurangan zat besi, ada baiknya mengonsumsi kalsium dalam jangka waktu yang berbeda dengan zat besi.

Baca Juga: Sering Dianggap Baik, Waspadai Ternyata 6 Suplemen Ini Berbahaya Bagi Tubuh

Vitamin C & B12

makanan yang mengandung vitamin c lebih tinggi daripada jeruk

Suplemen Vitamin C & Vitamin B12 tak boleh dikonsumsi bersamaan. Ini disebabkan karena vitamin C dosis tinggi dapat mengurangi jumlah vitamin B12 yang diserap & dimetabolisme oleh tubuh, dikutip dari Single Care.

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C minimal 2 jam setelah makan suplemen vitamin B12 untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Sering Dianggap Baik, Waspadai Ternyata 6 Suplemen Ini Berbahaya Bagi Tubuh

Tembaga & Seng

Jika Anda mengonsumsi suplemen Zinc (Seng), maka sebaiknya hindari mengonsumsi bersamaan dengan suplemen Tembaga, Zat Besi, ataupun Fosfor. Baiknya memang harus diberi jarak selama beberapa jam.

Jangan sampai Anda mengalami beberapa gejala kekurangan Tembaga seperti tulang rapuh, mudah sakit, mudah lelah, sulit fokus, hingga uban yang tumbuh dini.

Umumnya, mineral dalam jumlah besar yang dikonsumsi bersamaan dengan mineral lainnya akan mengurangi penyerapan satu sama lain.

Baca Juga: 7 Jenis Alergi Makanan yang Paling Umum di Dunia, dari Telur hingga Udang

suplemen yang tak boleh dikonsumsi bersamaan

Vitamin D, E, dan K

“Penelitian menunjukkan bahwa penyerapan Vitamin K pada seseorang dapat berkurang ketika vitamin lain yang larut dalam lemak, seperti Vitamin D & E, dikonsumsi bersamaan,” ujar Chris Airey, seorang Dokter yang dikutip dari Yahoo Life.

Untuk memaksimalkan penyerapan masing-masing suplemen, disarankan untuk mengonsumsinya dalam jarak 2 jam. Ini tidak akan menghasilkan interaksi yang berbahaya.

Baca Juga: Konsumsi Rutin, Ini 5 Minuman Detoks yang Bikin Lemak Perut Hancur

Minyak ikan dan Gingko biloba

Minyak hati ikan kod

Suplemen minyak ikan Omega-3 sangat baik untuk kesehatan kulit & jantung. Sementara Gingko Biloba bisa memperlancar aliran darah, serta meningkatkan daya ingat.

Baca Juga: Betulkah Penderita Diabetes Tipe 2 Kerap Alami Peradangan? Ini yang Harus Dilakukan

Namun menurut sebuah penelitian, menggabungkan Minyak Ikan & Gingko Biloba secara bersamaan tidak diperbolehkan. Menurut Dr Tripathy dari Yahoo Life, hal ini akan berpotensi pada pengenceran darah yang berlebihan.

“Mengonsumsi kedua suplemen secara bersamaan akan meningkatkan risiko pendarahan tak terkendali, atau ketidakmampuan darah untuk menggumpal,” ujarnya.

Itulah beragam suplemen yang tak boleh dikonsumsi bersamaan untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News