Keluarga

Tingkatkan Kadar O2 ke Otak, Inilah 5 Jenis Makanan yang Kaya Akan Oksigen

Tingkatkan Kadar O2 ke Otak, Inilah 5 Jenis Makanan yang Kaya Akan Oksigen

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa makanan super yang mengandung banyak vitamin & mineral yang gunanya untuk melancarkan aliran oksigen dalam darah ke otak.

Otak tidak berfungsi dengan baik saat tubuh kekurangan oksigen. Otak akan jadi kurang fokus, mudah mengantuk, hingga mengurangi kekuatan memori kita.

Penyebabnya, otak menggunakan sekitar 1/5 dri total pasokan oksigen dalam tubuh. Oksigen tersebut membantu mengirimkan sinyal & pesan saraf ke tubuh. Jika oksigen dalam tubuh tak cukup banyak, maka sel-sel otak akan menciut & mati dalam hitungan menit.

Nah agar hal ini tak terjadi pada tubuh Anda, ada beberapa cara mencegah kurangnya pasokan oksigen dlam tubuh.

Dengan mengonsumsi beberapa makanan yang akan akan oksigen adalah solusinya. Ini dia artikelnya.

Baca Juga: Sering Merasa Ngantuk? Waspadai 7 Penyebab Ngantuk Berlebihan

Buah delima

Delima

Delima dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin & mineral. Satu hal yang jarang orang tahu, buah ini juga termasuk makanan yang kaya akan oksigen, lho!

Delima adalah sumber vitamin B3 & B6, kolin, seng, tembaga, dan zat besi, melansir Times of India. Seluruh kandungan ini dapat meningkatkan kadar oksida nitrat & aliran darah, sehingga tingkat pengiriman oksigen ke otak semakin lancar.

Anggur

Kaya akan antioksidan, anggur punya peran penting untuk meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Ketika aliran darah meningkat, maka darah akan membawa lebih banyak oksigen ke jaringan tubuh.

Semua jenis anggur bisa membantu mengatur keseimbangan hormon. Terutama anggur hitam, anggur jenis ini sangat mampu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

Baca Juga: Pusing saat Bangun Tidur Bahaya atau Tidak? Ini Deretan Penyebabnya

makanan sehat buah dan sayur

Baca Juga: Brokoli vs Kembang Kol, Sayuran Cruciferous Manakah yang Paling Bergizi?

Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin A, B3, B6, B12, kolin, folat, dan asam lemak tak jenuh ganda. Semua nutrisi tersebut dapat meningkatkan kadar oksigen dengan meningkatkan penyerapan oksigen dalam darah.

Sebuah penelitian yang dikutip dari Healthify Me menunjukkan bahwa alpukat membantu melindung DNA, kesehatan jantung, hingga mengontrol gula darah.

Mangga

Melansir dari Style Craze, mangga matang sangat kaya akan vitamin A, B3, B5, B6, C, zat besi, dan tembaga yang mana sangat penting untuk meningkatkan tingkat saturasi oksigen dalam darah.

Buah ini juga kaya akan antioksidan seperti vitamin C, karotenoin, dan senyawa fenolik yang membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Mengandung Zat Besi Lebih Tinggi daripada Daging Merah

Kunyit

Teh lemon kunyit

Bumbu populer, kunyit, ternyata menyimpan rahasia mengagumkan sebagai makanan yang kaya akan oksigen.

Kunyit diketahui dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh, serta bertugas memperlebar pembuluh darah sehingga menjadi makanan ampuh untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Baca Juga: 5 Perbedaan Kunyit Kuning, Kunyit Putih dan Temu Putih, Beda Khasiatnya

Dengan banyaknya kadar oksigen dalam darah, maka sirkulasi darah akan lancar & dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Kadar oksigen yang banyak dalam tubuh mampu membuat otak jadi lebih fokus & tubuh terasa segar.

Disarankan untuk membuat teh kunyit dengan menambahkan ¼ sendok makan bubuk kunyit ke dalam air mendidih.

Itu dia deretan makanan kaya akan oksigen yang membuat tubuh, otak, dan aliran darah jadi lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News