Keluarga

Berapa Lama Cat Dinding Perlu Waktu untuk Benar-Benar Kering ya

Berapa Lama Cat Dinding Perlu Waktu untuk Benar-Benar Kering ya

MOMSMONEY.ID - Saat akan mengaplikasikan cat dinding, Anda perlu tahu bahwa setiap jenis cat dinding perlu waktu yang berbeda untuk benar-benar kering lo. 

Saat mengecat dinding rumah, kesabaran adalah kunci utamanya. Anda perlu benar-benar sabar untuk mendapaykan tekstur yang halus dan merata tanpa tetesan.

Mungkin di permukaan cat dinding sudah tampak mengering saat disentuh. Namun bukan berarti cat dinding sudah benar-benar kering untuk ditambahkan lapisan berikutnya. 

Baca Juga: Cat Susu Lagi Populer, Kenali Salah Satu Jenis Cat Rumah Ini yuk

Melansir Better Homes and Gardens, ada banyak faktor uang bisa memengaruhi berapa lama cat dinding perlu waktu untuk benar-benar kering. Faktor tersebut termasuk jenis cat, peralatan yang digunakan, hingga cuaca. 

Berapa lama cat dinding perlu waktu untuk benar-benar kering?

Cat lateks akan membutuhkan waktu 4 jam untuk benar-benar kering sebelum mengaplikasikan lapisan cat berikutnya. Mungkin Anda akan merasa cat lateks akan kering saat disentuh setelah satu jam.

Tapi, tunggu dulu jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal. 

Baca Juga: Ini Ide Warna Cat Dinding yang Terkesan Vintage, Suasana Jadi Adem

Sementara cat akrilik bisa mengering lebih cepat. Jenis cat ini membutuhkan waktu untuk benar-benar kering setelah dua jam. 

Cat berbahan dasar minyak membutuhkan waktu lebih lama untuk benar-benar kering. Umumnya, perlu 24 jam untuk benar-benar kering. 

Faktor yang memengaruhi waktu cat dinding benar-benar kering

Suhu dan kelembapan

Jika suhu dan kelembapan tinggi makan cat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk benarbenar kering. Sehingga, Anda bisa menggunakan dehumidifier atau AC untuk membantu cat dinding di dalam ruangan cepat kering. 

Baca Juga: Tak Perlu Takut Pakai Cat Dinding Merah, Ini Alasan & Caranya

Ventilasi ruangan

Ruangan dengan ventilasi yang cukup banyak bisa mempersingkat waktu cat benar-benar kering. Selain itu, ventilasi ruangan ini juga bisa menjaga kesehatan Anda karena bisa membuat udara segar banyak masuk ke ruangan. 

Alat cat

Cara terbaik untuk memastikan cat mengering secara merata dan cepat adalah menggunakan alat yang tepat.

Anda bisa menggunalan rol cat untuk mendistribusikan cat secara merata dan mengoleskan lapisan yang lebih tipis dari pada kuas. Anda bisa menggunakan kuas untuk area sudut atau lis.

Selanjutnya: Tugu Insurance Optimistis Industri Asurasi Umum Masih Tumbuh pada Tahun Depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News