Keluarga

Berapa Banyak Air yang Digunakan untuk Mencuci dengan Mesin Cuci?

Berapa Banyak Air yang Digunakan untuk Mencuci dengan Mesin Cuci?

MOMSMONEY.ID - Tergantung jenis mesin cucinya, banyak air yang digunakan untuk mencuci bisa capai 140 liter lo!

Wow, ternyata cukup banyak air yang digunakan untuk mencuci dengan mesin cuci hingga pakaian kita benar-benar bersih. Namun semua tergantung jenis mesin cuci yang digunakan. 

Baca Juga: Begini Cara Mencuci dengan Mesin Cuci yang Benar

Melansir The Spruce, ada beberapa mesin cuci yang khusus memiliki teknologi dengan efisiensi tinggi sehingga tidak membutuhkan banyak air. 

Mesin cuci rata-rata menggunakan air sebanyak 117 liter untuk mencuci hingga pakaian bersih dan sap dikeringkan. Ada mesin cuci yang juga membutuhkan hingga 140 liter. 

Mesin cuci dengan bukaan atas pada umumnya lebih banyak menggunakan air dibandingkan mesin cuci bukaan depan. Mesin cuci jenis ini membutuhkan 117 liter hingga 140 liter untuk siklus penuh pencucian. 

Sementara itu, mesin cuci bukaan depan bisa menggunakan air paling sedikit 49 liter itupun mesin yang sudah memiliki teknologi efisiensi tinggi. Untuk mesin cuci bukaan depan konvensional air yang dibutuhkan mencapai 71 liter. 

Baca Juga: Kenapa Kondom Dibuat dengan Rasa? Simak Juga Cara Memakai Kondom Dengan Benar

Selain jenis mesin cuci, ada beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi banyaknya air yang digunakan untuk mencuci. Berikut penjelasannya:
Usia mesin
Semakin muda jenis mesin cuci yang Anda gunakan, mereka akan lebih dilengkapi teknologi terbaru. Artinya mereka bisa lebih sedikit menggunakan air tidak peduli jenis mesin cucinya. 

Siklus pencucian
Beberapa siklus pencucian khusus biasanya menggunakan lebih banyak air. Apabila Anda mencuci kain-kain berat maka akan lebih banyak air yang digunakan. 

Impeller
Impeler adalah kerucut atau cakram di tengah mesin cuci untuk memutar, menggosok dan membersihkan pakaian Anda. Nah mesin cuci dengan impeller membutuhkan lebih sedikit air dari pada agitator. Adapun agitator adalah tiang tinggi di keranjang cuci yang fungsiunya sama dengan impeller. 

Itu tadi penjelasan berapa banyak air yang digunakan untuk mencuci dengan mesin cuci. 

Selanjutnya: Pilihan Kuliah Master demi Karier, Tanpa Harus Punya Gelar Sarjana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News