Bugar

Benarkah Minum Air Mineral Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Kata Studi

Benarkah Minum Air Mineral Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Kata Studi

MOMSMONEY.ID - Salah satu metode yang sering dibicarakan untuk menurunkan berat badan adalah konsumsi air mineral. Tapi, benarkah minum air mineral bisa menurunkan berat badan?

Melansir dari laman Medical News Today, beirkut ini adalah beberapa alasan mengapa minum air mineral bisa menurunkan berat badan:

1. Air sebagai Penekan Nafsu Makan Alami

Air dapat membantu mengurangi rasa lapar dengan mengisi perut sehingga seseorang merasa lebih kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan berlebih. Terkadang, tubuh bisa salah mengartikan dehidrasi sebagai rasa lapar, sehingga minum air bisa mencegah ngemil yang tidak perlu.

Dalam sebuah studi pada tahun 2014, 50 wanita kelebihan berat badan yang minum 500 mL air sebelum setiap makan selama 8 minggu mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh.

Baca Juga: Bisa Obati Berbagai Penyakit, Ini 11 Khasiat Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh Anda

2. Air Meningkatkan Pembakaran Kalori

Minum air terbukti meningkatkan pengeluaran jumlah kalori yang dibakar saat beristirahat. Studi menemukan bahwa minum 500 mL air dapat meningkatkan pengeluaran energi sekitar 2-3% dalam 90 menit berikutnya.

Air dingin bahkan lebih efektif karena tubuh menghabiskan energi untuk memanaskannya hingga suhu tubuh.

3. Air Membantu Menghilangkan Limbah dari Tubuh

Dehidrasi dapat menghambat kemampuan tubuh untuk menghilangkan limbah melalui urin atau feses. Air membantu ginjal menyaring racun sambil mempertahankan nutrisi esensial dan elektrolit. Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga dapat mencegah sembelit dan mengatasi diare.

Baca Juga: Menilik 11 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan dan Simak Efek Sampingnya

4. Air Mengurangi Asupan Kalori Cair

Minuman berkalori tinggi seperti soda, jus buah, atau minuman beralkohol dapat meningkatkan asupan kalori secara signifikan. Menggantinya dengan air atau minuman non-kalori lainnya dapat mengurangi asupan kalori keseluruhan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengganti satu minuman manis dengan air setiap hari dapat berdampak pada penurunan berat badan dan pengurangan obesitas dalam jangka panjang.

5. Air Diperlukan untuk Membakar Lemak

Untuk memetabolisme lemak, tubuh pertama-tama harus melepaskan lemak yang tersimpan dalam proses yang disebut lipolisis. Tahap awal lipolisis adalah hidrolisis yang membutuhkan molekul air. Oleh karena itu, minum cukup air penting untuk membantu tubuh membakar lemak yang tersimpan.

Baca Juga: 13 Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah yang Terbaik, Bisa Dicoba!

6. Air Optimalisasi Latihan

Air memainkan peran krusial dalam menjaga fungsi otot dan sendi, serta mendukung organ vital selama aktivitas fisik meningkat. Air yang cukup dalam tubuh bisa mencegah kram dan kelelahan, sehingga menjadikan latihan lebih efektif dan nyaman.

Jadi, benarkah minum air mineral bisa menurunkan berat badan? Jawabannya adalah iya. Anda dapat mengonsumsi air mineral untuk membantu penurunan berat badan. Namun, ini juga perlu diimbangi dengan olahraga rutin dan mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan terukur. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News