Bugar

Hati-hati! Ketahui Penyebab Kolestrol Melonjak Naik setelah Lebaran

Hati-hati! Ketahui Penyebab Kolestrol Melonjak Naik setelah Lebaran

MOMSMONEY.ID - Bahaya buat kesehatan, ketahui penyebab kolesterol melonjak naik setelah Lebaran berikut ini.

Ada banyak ragam makanan yang tersaji di meja saat Lebaran tiba. Namun, tanpa disadari, kebiasaan makan selama Lebaran sering kali berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Mari kita ketahui penyebab kolesterol melonjak naik setelah Lebaran di bawah ini:

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Membuat Rebusan Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol

1. Pola makan yang tidak terjaga

Penyebab kolesterol melonjak naik setelah lebaran adalah pola makan yang tidak terkendali. Penting untuk menghindari makanan tertentu, terutama bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

Banyak orang cenderung menjadikan lebaran sebagai ajang balas dendem untuk mengonsumsi berbagai makanan setelah puasa selama 30 hari. Nah, inilah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

2. Kekurangan taurin

Taurin adalah asam amino yang membantu mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam darah dan hati. Selama puasa, Anda mungkin kekurangan taurin, yang dapat diperoleh dari zat seng (zinc) dan vitamin A.

Sumber makanan yang tinggi taurin meliputi sayuran seperti bayam, brokoli, dan jamur. Kekurangan taurin selama puasa dapat menyebabkan kesulitan dalam mengendalikan kadar kolesterol.

Baca Juga: Daftar Makanan Penetral Tubuh Setelah Konsumsi Daging saat Lebaran

3. Sindrom metabolik

Penyebab kolesterol melonjak naik setelah lebaran lainnya adalah sindrom metabolik, yang merupakan kumpulan kondisi medis yang meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

Melansir dari Hello Sehat, sindrom ini dapat ditandai dengan peningkatan tekanan darah, gula darah, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang, serta kadar kolesterol dan trigliserida yang tidak normal. Kondisi ini dapat terjadi ketika perut yang kosong tiba-tiba diisi dengan makanan tidak sehat.

Untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kolesterol, terutama selama berpuasa dan merayakan Lebaran.

Selain itu, konsumsilah makanan dan sayuran yang kaya taurin untuk membantu mengendalikan kadar kolesterol.

Dengan memahami penyebab kolesterol melonjak naik setelah Lebaran, Anda dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News