Keluarga

Begini Kondisi Sinar UV Berbahaya di Indonesia Pada Sabtu (24/2)

Begini Kondisi Sinar UV Berbahaya di Indonesia Pada Sabtu (24/2)

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Sabtu, 24 Februari 2024. 

Sinar UV berbahaya yang melanda Indonesia dimulai dari level sedang hingga sangat esktrem. Bila melihat polanya, sinar UV berada di level bahaya sangat tinggi hingga ektrem mulai pukul 10.00. Kemudian, akan mereda dan aman setelah pukul 16.00.

Bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, perlu semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. Sehingga, hindari keluar rumah di siang hari tanpa proteksi. 

Sinar UV berbahaya sangat tinggi akan dirasakan pertama kali di wilayah Papua mulai pukul 11.00 WIT. Pada hari ini, bahaya sinar UV di Papua hanya mencapai level sangat tinggi kemudian kembali mereda di level sedang mulai pukul 13.00 WIT.

Bagi Moms yang tinggal di Maluku dan Maluku Utara, sinar UV berbahaya dirasakan sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 10.00 WIT hingga 14.00 WIT. Lalu, pukul 15.00 WIT level bahaya sinar UV turun menjadi tinggi dan aman pada pukul 17.00 WIT. 

Baca Juga: Ngantuk Saat di Kantor? Power Nap dalam 30 Menit Solusinya!

Untuk wilayah Indonesia Tengah, Sulawesi, Bali,  dan Nusa Tenggara alami indeks sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 10.00 WITA.

Indeks bahaya sinar UV mereda mulai pukul 15.00 WITA. Namun, kondisi baru benar-benar aman pada pukul 16.00 WITA. 

Kalimantan dan Jawa terpapar sinar UV berbahaya sangat tinggi  mulai pukul 10.00 WIB. Kondisi sinar UV di Kalimantan kemudian meningkat jadi ekstrem pada pukul 11.00 WIB.

Di Jawa, tak alami sinar UV berbahaya ekstrem. Kondisi sinar UV berbahaya di Jawa hanya sampai level sangat tinggi kemudian turun ke level sedang pada pukul 13.00 WIB.

Di Sumatera, sinar UV berbahaya sangat tinggi mulai dirasakan pada pukul 10.00 WIB. Meningkat ke bahaya sangat tinggi pada pukul 11.00 WIB khusus di wilayah Utara dan Selatan. Sisanya hanya merasakan bahaya sinar UV level sedang. 

Baca Juga: 7 Tips Perkuat Imun Tubuh saat Musim Pancaroba, Tak Mudah Flu & Batuk

Di seluruh wilayah di Indonesia, bahaya sinar UV mereda dan aman pada pukul 16.00. Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang, maka gunakan perlindungan yang diperlukan.

Saat terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan.

Serta, oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Peringatan Dini Cuaca Hari Ini (24/2) Hujan Lebat & Petir di Provinsi Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News