Bugar

Begini Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Efektif, Coba Yuk!

Begini Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Efektif, Coba Yuk!

MOMSMONEY.ID - Sering mengganggu, ada cara menghilangkan bau kaki yang efektif dan layak Anda coba!

Bau kaki adalah masalah umum yang seringkali membuat seseorang merasa tidak percaya diri, terutama saat harus melepas sepatu di tempat umum.

Aroma tak sedap pada kaki biasanya muncul akibat adanya bakteri yang berkembang biak di area kaki yang lembab, terutama saat kaki sering berkeringat.

Selain karena keringat, bau kaki juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti kebersihan yang kurang terjaga atau pemakaian sepatu dan kaos kaki yang tidak sesuai.

Baca Juga: Perhatikan! Inilah Penyebab Asam Lambung Sering Kambuh yang Jarang Disadari

Mengutip Healthline, berikut adalah beberapa cara menghilangkan bau kaki yang efektif:

1. Jaga Kebersihan Kaki

Cucilah kaki menggunakan sabun lembut dan gosokkan dengan sikat. Waktu yang paling ideal adalah saat mandi pagi atau sore.

Setelah mencuci, pastikan kaki Anda benar-benar kering, terutama di antara jari-jari, karena area ini mudah lembap dan dapat memicu pertumbuhan bakteri.

2. Potong Kuku Secara Teratur

Potong kuku kaki secara teratur dan bersihkan untuk mencegah kotoran menumpuk. Singkirkan kulit mati di kaki menggunakan kikir kaki karena kulit keras yang lembap dapat menjadi tempat bagi bakteri berkembang.

3. Ganti Kaos Kaki Setiap Hari

Kenakan kaos kaki yang bersih setiap hari. Jika Anda banyak berkeringat, berada di cuaca panas, atau berolahraga, gantilah lebih sering.

Pilih kaos kaki dari bahan yang mampu menyerap keringat, seperti serat alami atau kaos kaki olahraga. Ini membantu menjaga kaki tetap kering.

Baca Juga: 5 Pilihan Susu yang Aman untuk Asam Lambung, Ada Susu Kedelai!

4. Pakai Beberapa Pasang Sepatu Bergantian

Gunakan dua pasang sepatu yang Anda pakai bergantian agar setiap pasang sepatu punya waktu untuk mengering selama sehari penuh sebelum digunakan lagi.

Lepaskan sol dalam sepatu agar lebih cepat kering dan menghindari kelembapan yang bisa memicu bakteri. Hindari sepatu yang ketat atau mudah menahan kelembapan.

5. Gunakan Produk Perawatan Kaki

Setiap malam, oleskan sedikit alkohol gosok pada kaki menggunakan bola kapas untuk membantu mengeringkan kaki. Hindari mengoleskan pada kulit yang pecah-pecah.

Semprotkan antijamur atau bedak kaki obat sekali sehari untuk mengurangi bau. Anda juga bisa menambahkan sol deodoran dalam sepatu atau mengoleskan deodoran biasa pada kaki untuk hasil cepat.

Jika Anda suka berendam, coba rendam kaki dengan Listerine atau cuka untuk membersihkan kaki lebih dalam dan membantu mengurangi bakteri.

Baca Juga: Resep Mashed Potato untuk Diet yang Simpel dan Enak, Coba yuk!

Itulah beberapa cara menghilangkan bau kaki yang efektif. Perawatan di rumah biasanya cukup membantu mengurangi bau kaki. Tetapi jika Anda merasa bau dan keringat berlebihan (hiperhidrosis) tetap tidak hilang, konsultasikan dengan dokter.

Dokter mungkin akan meresepkan antiperspirant yang lebih kuat atau memberikan opsi perawatan medis.

Mengapa Bau Kaki Bisa Terjadi?

Kaki menghasilkan keringat cukup banyak karena memiliki banyak kelenjar keringat yang membantu mendinginkan tubuh dan menjaga kelembapan kulit.

Remaja dan wanita hamil lebih rentan terhadap keringat berlebih karena perubahan hormon. Orang yang bekerja sambil berdiri sepanjang hari atau dengan kondisi kesehatan tertentu juga lebih cenderung berkeringat berlebihan.

Bakteri alami di kaki memecah keringat, dan jika keringat berlebihan menumpuk, bau tak sedap dapat terbentuk. Jika seseorang memakai sepatu basah atau tidak memberi waktu sepatu untuk benar-benar kering, bakteri akan lebih cepat berkembang.

Kebersihan kaki yang kurang baik juga memicu bau kaki memburuk, sehingga penting untuk selalu mencuci kaki dan mengganti kaos kaki setiap hari.

Baca Juga: Mau Cepat Kurus? Coba Konsumsi Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Berikut Ini

Semoga ulasan terkait cara menghilangkan bau kaki yang efektif ini bermanfaat, ya. 

Selanjutnya: Promo 10.10 Hokben x Dufan 1-31 Oktober 2024, Special Hemat Paket Hokben Rp 60.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News