Bugar

Perhatikan! Inilah Penyebab Asam Lambung Sering Kambuh yang Jarang Disadari

 Perhatikan! Inilah Penyebab Asam Lambung Sering Kambuh yang Jarang Disadari

MOMSMONEY.ID - Rupanya berikut ini adalah penyebab asam lambung sering kambuh. Ketahui ada apa saja!

Asam lambung sering kambuh merupakan kondisi yang mengganggu. Beberapa faktor penyebab asam lambung sering kambuh mungkin tidak disadari.

Mengetahui penyebabnya bisa membantu Anda mengelola kondisi ini dengan lebih baik. Lantas, apa saja penyebab asam lambung sering kambuh?

Merangkum dari Cleveland Clinic dan Mayo Clinic, berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Pola Makan Tidak Teratur

Makan dengan pola yang tidak teratur atau sering melewatkan waktu makan bisa memicu peningkatan produksi asam lambung. Kondisi ini dapat menyebabkan iritasi pada lapisan lambung dan memunculkan gejala asam lambung.

Baca Juga: 5 Pilihan Susu yang Aman untuk Asam Lambung, Ada Susu Kedelai!

2. Konsumsi Makanan Pemicu

Beberapa makanan dan minuman seperti makanan berlemak, pedas, cokelat, kafein, dan alkohol dapat memicu naiknya asam lambung. Makanan ini bisa melemahkan otot penutup lambung dan kerongkongan (LES), sehingga asam lambung mudah naik ke kerongkongan.

3. Hernia Hiatus

Hernia hiatus terjadi ketika bagian lambung berpindah ke atas diafragma, sehingga melemahkan otot LES yang seharusnya mencegah asam lambung naik. Kondisi ini lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia dan cenderung memburuk secara perlahan.

Baca Juga: Resep Mashed Potato untuk Diet yang Simpel dan Enak, Coba yuk!

4. Kehamilan

Selama kehamilan, tekanan di perut meningkat, sehingga bisa memicu naiknya asam lambung. Kondisi ini bisa menyebabkan LES melemah sementara karena hormon kehamilan seperti relaxin, estrogen, dan progesteron yang membuat otot-otot di diafragma lebih rileks.

5. Obesitas

Obesitas meningkatkan tekanan dalam perut, serupa dengan efek kehamilan pada LES. Hal ini juga dapat menyebabkan terbentuknya hernia hiatus dan melemahkan otot diafragma. Selain itu, jaringan lemak berlebih menghasilkan estrogen yang dapat memperburuk gejala asam lambung.

6. Penggunaan Obat Tertentu

Beberapa obat dapat membuat LES lebih rileks, seperti benzodiazepin, calcium channel blockers, antidepresan trisiklik, NSAID (seperti aspirin dan ibuprofen), teofilin, dan obat terapi hormon untuk menopause.

Baca Juga: Mau Cepat Kurus? Coba Konsumsi Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Berikut Ini

7. Merokok

Rokok dapat membuat LES lebih rileks pada perokok aktif maupun pasif. Selain itu, batuk akibat rokok juga bisa membuka LES. Merokok dan batuk kronis secara terus-menerus dapat melemahkan otot diafragma dan berisiko memperburuk hernia hiatus.

Itulah beberapa penyebab asam lambung sering kambuh. Mengenali dan menghindari pemicu asam lambung adalah langkah penting.

Perubahan gaya hidup, seperti makan teratur, mengurangi stres, berhenti merokok, dan menjaga berat badan yang sehat, bisa membantu mengelola gejala asam lambung.

Jika gejala tidak membaik atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Penyaluran KUR untuk UMKM Capai 1.739 Triliun Selama 10 Tahun Pemerintahan Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News