Bugar

Banyak Pilihan, Ini 7 Daftar Buah yang Aman Bagi Penderita Sakit Tipes

Banyak Pilihan, Ini 7 Daftar Buah yang Aman Bagi Penderita Sakit Tipes

MOMSMONEY.ID. Intip pilihan buah untuk penderita tipes yang aman untuk dikonsumsi. Makanan sehat tentu penting untuk diperhatikan saat seseorang menderita sakit tipes.

Tifoid, atau yang lebih dikenal sebagai sakit tipes, adalah penyakit infeksi bakteri yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi.

Penyakit ini dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan gejala seperti demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, diare, perut kembung, dan kelemahan umum.

Tifoid seringkali menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi oleh kotoran yang mengandung bakteri salmonella typhi.

Baca Juga: Ini 6 Makanan yang Dihindari Ibu Hamil Demi Kesehatan, Cermati Pantangannya

Buah untuk penderita tipes

Dalam memilih makanan nabati dari buah saat menderita tifoid, hal ini perlu dilakukan dengan hati-hati.

Saat Anda mengalami tifoid, sistem pencernaan Anda bisa sangat rentan. Beberapa makanan tertentu mungkin dapat memperburuk gejala atau menyebabkan iritasi tambahan pada saluran pencernaan.

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan beberapa hal:

  • Pilih Buah yang Tidak Menyebabkan Irritasi: Saat Anda menderita tifoid, hindari buah-buahan yang dapat memicu atau memperburuk diare atau iritasi perut. Buah-buahan seperti pisang, apel yang sudah dikupas, dan mangga matang biasanya lebih mudah dicerna dan kurang cenderung menyebabkan masalah pencernaan.
  • Hindari Buah yang Mentah: Buah-buahan mentah, terutama yang memiliki kulit keras atau biji, seperti jeruk dan anggur, bisa lebih sulit dicerna dan dapat menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari buah-buahan ini selama masa penyembuhan.
  • Pertimbangkan Buah dalam Bentuk Sari atau Smoothie: Jika Anda ingin mengonsumsi buah-buahan, pertimbangkan untuk membuat jus buah atau smoothie. Proses ini dapat membantu menghilangkan serat kasar dari buah-buahan dan membuatnya lebih mudah dicerna.
  • Hidrasi yang Cukup: Selama tifoid, penting untuk tetap terhidrasi dengan baik. Buah-buahan dengan kandungan air tinggi seperti semangka atau melon dapat membantu dalam menjaga hidrasi tubuh.

Periksa daftar buah yang direkomendasikan untuk penderita tipes yang aman untuk dikonsumsi dilansir dari Apollo 247.

Baca Juga: 10 Cara Memulai Olahraga Lari untuk Pemula agar Konsisten

Buah untuk penderita tipes

1. Apel yang dikupas

Apel yang sudah dikupas (tanpa kulit) juga bisa aman untuk dikonsumsi oleh penderita sakit tipes. Kulit apel mengandung serat yang kasar, jadi pastikan untuk mengupasnya sebelum makan.

2. Mangga matang

Selanjutnya, penderita sakit tipes bisa memilih mangga yang memiliki tingkat kematangan baik. Mangga matang lembut dan manis dapat menjadi pilihan yang baik karena teksturnya lembut dan tidak mengandung serat yang berlebihan.

3. Alpukat

Nah, Ada juga opsi alpukat mengandung lemak sehat dan memiliki tekstur yang lembut, sehingga seringkali lebih mudah dicerna. Pastikan Anda bisa mengolahnya dengan metode jus atau smoothies untuk mendapatkan tekstur yang lembut.

4. Semangka

Semangka mengandung banyak air dan bisa membantu menjaga hidrasi. Potongan semangka yang besar biasanya lebih mudah dicerna.

5. Pir matang

Pir yang sudah matang memiliki tekstur yang lembut dan tidak keras pada perut. Hindari memakan pir yang masih keras karena bisa memicu gas pada lambung.

6. Pisang

Pisang adalah pilihan yang sangat baik karena mudah dicerna dan tidak mengandung serat kasar yang dapat memicu iritasi usus. Pisang juga mengandung kalium, yang dapat membantu mencegah dehidrasi.

7. Melon

Terakhir, buah Melon diklaim sebagai salah satu buah yang aman bagi penderita sakit tipes. Tentu, pastikan Anda memilih buah yang matang karena Melon memiliki daging yang cukup keras.

Selain itu, Anda bisa mencampurkan buah lainnya untuk membuat smoothies buah yang mudah dicerna penderita tipes.

Pastikan untuk mencuci buah dengan baik sebelum mengonsumsinya untuk menghindari risiko kontaminasi bakteri atau parasit yang dapat memperburuk kondisi Anda.

Selain itu, penting untuk tetap terhidrasi dengan baik selama penyakit tifoid, jadi minumlah banyak air dan cairan lainnya.

Selalu penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda saat Anda menderita tifoid. Mereka dapat memberikan panduan yang lebih spesifik berdasarkan kondisi Anda.

Itulah beberapa informasi terkait daftar buah untuk penderita tipes yang aman untuk dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News