Bugar

Bahan Alami untuk Mengangkat Komedo Membandel, Tertarik Coba?

Bahan Alami untuk Mengangkat Komedo Membandel, Tertarik Coba?

MOMSMONEY.ID - Coba, yuk. Berikut ini beberapa bahan alami untuk mengangkat komedo membandel Anda.

Komedo, baik hitam maupun putih, meresahkan dan mengurangi kepercayaan diri banyak orang. Komedo terbentuk ketika minyak dan sel kulit mati terperangkap di bawah permukaan kulit.

Meskipun banyak produk di pasaran yang menjanjikan untuk menghilangkan komedo, ada juga sejumlah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini secara efektif di rumah.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badan, yuk Coba!

Menyadur dari Klik Dokter, di bawah ini adalah bahan alami untuk mengangkat komedo membandel:

1. Bubuk Kopi dan Minyak Kelapa

Buat masker dengan mencampur setengah cangkir bubuk kopi dan setengah cangkir minyak kelapa. Aplikasikan ke wajah dan pijat lembut dengan gerakan memutar, biarkan selama lima menit, kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi seminggu sekali.

2. Putih Telur

Kocok putih telur dan tambahkan beberapa tetes lemon. Oleskan ke wajah atau area yang terkena komedo, biarkan hingga mengering, kemudian pijat untuk mengangkat masker dan bilas. Lakukan dua kali seminggu.

3. Lemon dan Madu

Campurkan perasan lemon dengan satu sendok makan madu dan satu sendok teh gula. Oleskan campuran ini ke area yang memiliki komedo dan pijat dengan gerakan memutar selama satu hingga dua menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Lakukan sekali seminggu.

Baca Juga: Pilihan Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek di Sini

4. Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki kandungan aloin dan antioksidan yang sangat baik untuk kulit. Untuk menghilangkan komedo, oleskan gel lidah buaya langsung ke wajah, biarkan mengering, lalu bilas dengan air bersih.

5. Es Batu Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang telah direbus dan dibekukan menjadi es dapat digunakan untuk membersihkan komedo. Sebelum menggunakan, pastikan untuk mencuci wajah terlebih dahulu, lalu tekan-tekan es batu jeruk nipis pada area yang berkomedo.

6. Oatmeal dan Yoghurt

Oatmeal dapat berfungsi seperti scrub yang membantu mengangkat sel kulit mati dan komedo. Campurkan oatmeal dengan yogurt, aplikasikan sebagai masker pada wajah, tunggu selama 10 menit, lalu bilas.

Baca Juga: Jangan Dibiasakan, Berikut Bahaya Tidur Terlalu Lama bagi Kesehatan

7. Teh Hijau

Teh hijau dikenal akan sifat antioksidannya yang dapat mengurangi peradangan dan membersihkan komedo. Dinginkan teh hijau yang telah diseduh, lalu semprotkan atau aplikasikan dengan kapas ke wajah.

8. Pepaya

Pepaya tidak hanya membantu membersihkan kotoran dan sel kulit mati, tapi juga mengandung nutrisi dari vitamin E, A, dan C yang meremajakan kulit. Gunakan pepaya yang dihaluskan sebagai masker.

9. Kulit Jeruk

Kulit jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bisa membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas. Gunakan kulit jeruk yang telah dikeringkan dan dihaluskan sebagai masker wajah untuk menghilangkan komedo.

Baca Juga: Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa? Hindari Pantangannya Berikut Ini

Nah, itulah beberapa bahan alami untuk mengangkat komedo membandel yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News