Santai

Bagaimana Cara Menambah Kecepatan Berlari? Coba 6 Tips Ini

Bagaimana Cara Menambah Kecepatan Berlari? Coba 6 Tips Ini

MOMSMONEY.ID - Bagi yang tengah berusaha untuk meningkatkan kemampuan lari lebih cepat, gunakan tips berikut ini.

Untuk mempersiapkan diri mengikuti perlombaan lari seperti maraton, tentu diperlukan latihan guna meningkatkan kecepatan lari.

Walau bukan hal yang mudah, tetapi ada loh, beberapa tips cara untuk meningkatkan kecepatan lari. Mau tahu? Simak caranya di sini, yuk!

Baca Juga: 5 Film Tentang Lari Maraton Ini Bisa Tambah Motivasi Lari Lo

Rajin berlatih

Cara utama agar kecepatan lari bisa bertambah adalah dengan meningkatkan frekuensi latihan. Setelah rutin berlatih seminggu sekali, cobalah menambah jatah latihan menjadi dua hingga tiga kali seminggu.

Jika sudah menambah jadwal latihan lari, cobalah variasi jarak dan intensitas latihan untuk menghindari cedera.

Perhatikan form

Form atau bentuk tubuh menjadi hal penting lainnya yang perlu diperhatikan jika ingin meningkatkan kecepatan berlari.

Menurut sebuah studi tahun 2017 dari laman Health Line, efektivitas peningkatan bentuk dan mekanisme tubuh untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi cedera saat berlari.

Melakukan sedikit penyesuaian pada postur bisa membantu tubuh bergerak dengan lebih sedikit tenaga. Hasilnya, Anda akan memiliki lebih banyak energi yang tersedia untuk membantu mempercepat laju lari.

Baca Juga: Apa Itu Olahraga Crossfit? Ternyata Ini lo 4 Manfaat Crossfit bagi Kesehatan

Latihan beban

Berlari tak hanya bisa menjadi lebih baik cuma dengan latihan lari saja ya. Sebaiknya, tambahkan latihan beban yang berfokus melatih stamina dan kekuatan tubuh.

Latihan kekuatan bisa membangun otot yang lebih kuat untuk membantu meningkatkan kecepatan dan kinerja tubuh secara keseluruhan. Agar terhindar dari cedera dan memperkuat otot kaki, sebaiknya lakukan gerakan latihan beban seperti squat, lunges, dan pushups.

Gunakan treadmill

Latihan lari tak hanya bisa dilakukan di lapangan lari saja, ya. Jika cuaca tak mendukung, latihan bisa dilakukan di treadmill.

Menggunakan treadmill bisa membantu meningkatkan kecepatan berlari sebab menurut Very Well Fit, secara umum, treadmill berguna untuk mempelajari cara berlari lebih cepat dengan lebih mudah.

Selain itu, treadmill memungkinkan untuk melatih interval dan lari di bukit dengan lebih tepat.

Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Lomba Marathon, Bukan Cuma Latihan

Perhatikan gaya hidup

Mempertahankan berat badan yang normal dapat membantu meningkatkan intensitas latihan dan lari yang lebih cepat. Caranya adalah dengan memperbaiki nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Pastikan Anda mengonsumsi cukup protein untuk membangun otot dan mengonsumsi jumlah karbohidrat kompleks yang tepat untuk menyediakan bahan bakar yang cukup untuk latihan Penting juga untuk mengonsumsi jenis lemak baik untuk menjaga kesehatan persendian.

Perhatikan pakaian

Pakaian yang berbahan ringan, menyerap keringat, dan memiliki teknologi udara akan mempermudah Anda dalam berlari, apalagi dengan kecepatan tinggi. Selalu gunakan pakaian yang sesuai dengan cuaca pada hari Anda berlari.

Pastikan pakaian tersebut nyaman dan tidak menimbulkan iritasi jika digunakan untuk berlari jarak jauh atau bahkan dengan kecepatan tinggi.

Anda bisa menambahkan aksesoris penunjang lain seperti topi, kacamata, dan jam pintar untuk menunjang kenyamanan berlari.

Itulah tadi beberapa tips cara untuk meningkatkan kecepatan berlari Anda. Lakukan secara rutin, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News