Keluarga

Apakah Rutin Konsumsi Alpukat Dapat Membakar Lemak Perut? Penelitian Menjawabnya

Apakah Rutin Konsumsi Alpukat Dapat Membakar Lemak Perut? Penelitian Menjawabnya

MOMSMONEY.ID - Apakah benar mengonsumsi alpukat dapat membakar lemak perut? Ketahui bersama-sama lewat penelitiannya, yuk!

Mengutip dari The Nutrition Source melalui Vietnam Express, buah alpukat utuh yang berukuran sedang memiliki kalori sebesar 240 kcal, 13 gram karbohidrat, 3 gram protein, 10 gram serat, 11 miligram natrium, dan 22 gram lemak (terdiri atas 15 gram lemak tak jenuh tunggal, 4 gram lemak tak jenuh ganda, dan 3 gram lemak jenuh).

Menurut seorang ahli gizi di Fisco Diet Clinic di India, Vidhi Chawla, para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 100 gram alpukat.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Hanya Makan Buah Selama 72 Jam?

buah alpukat dapat mengurangi lemak perut

Sebaiknya, alpukat dikonsumsi saat pagi dan siang hari, serta menghindarinya saat malam tiba karena kandungan kalorinya yang tinggi.

Namun Anda perlu berhati-hati, sebab tak semua orang dapat mengonsumsi buah alpukat ini. seseorang dengan kondisi memiliki penyakit hati atau penyakit usus, serta mereka yang menjalani pengobatan anti-inflamasi atau antikoagulan wajib menghindari buah alpukat.

Baca Juga: 6 Cara Mengurangi Kelebihan Garam dalam Tubuh Agar Tak Terkena Stroke

Apakah alpukat dapat membakar lemak perut?

Tak banyak orang tahu bahwa buah alpukat dapat membantu menurunkan lingkar pinggang & perut Anda.

Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan pembakaran lemak & membakar kalori setelah makan, dikutip dari Life Extension.

Lemak tak jenuh tunggal juga diperkirakan memiliki efek jangka pendek pada metabolisme tubuh setelah makan yang mencakup peningkatan oksidasi lemak dan peningkatan thermogenesis, dikutip dari Trifecta Nutrition.

Namun para ahli sebenarnya tidak menyarankan siapapun untuk hanya melakukan diet memakan buah alpukat saja. Namun jika Anda ingin membakar lemak perut lebih banyak, maka memang disarankan untuk memasukkan menu alpukat ke dalam setiap makanan yang anda konsumsi.

Baca Juga: 6 Minuman Detoks yang Bisa Membakar Lemak Perut, Efektif Turunkan Berat Badan

Fakta penelitian alpukat membakar lemak perut

Dikutip dari Healthy Mummy, para peneliti dari Universitas Illinois Urbana-Champaign menguji sebanyak 105 orang dewasa dengan berat badan berlebih & obesitas.

Dalam uji coba terkontrol ini, para peserta diberi makan hanya 1x sehari selama 12 minggu.

Terdapat 1 kelompok yang diberi alpukat segar sebagai bagian dari makanan sehari-hari mereka. sementara kelompok lainnyahanya menerima makanan dengan bahan & kalori yang hampir sama, namun tidak mengandung alpukat sama sekali.

Baca Juga: Bolehkah Makan Pisang Setiap Hari? Ini 7 Efek yang Akan Dirasakan Tubuh Anda

Alpukat

Baca Juga: 7 Buah Murah Pelancar ASI yang Bagus untuk Ibu Menyusui, Tak Perlu Biaya Mahal!

Hasilnya cukup mengejutkan. Sebab para ahli menemukan bahwa kelompok peserta wanita yang mengonsumsi buah alpukat justru mengalami pengurangan lemak perut visceral yang lebih dalam, serta mengalami penurunan rasio lemak visceral terhadap lemak subkutan.

Tujuannya bukanlah penurunan berat badan. Para peneliti tertarik untuk memahami pengaruh makan alpukat terhadap cara seseorang menyimpan lemak tubuh. Sebab lokasi lemak dalam tubuh berperan penting dalam kesehatan,” kata Profesor Naiman Khan kepada Journal of Nutrition.

Sekarang, sudah tahu kan bahwa buah alpukat dapat menurunkan lemak perut serta kalori? Namun perlu diingat, konsumsilah secukupnya saja sebab alpukat juga mengandung kalori dan gula yang tak baik jika dimakan berlebihan.

Selanjutnya: Sinar Mas Land Luncurkan Produk Adora Luxe di Kawasan Terravia BSD City

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News