Keluarga

Apakah Madu Bisa Kedaluwarsa? Ini Ciri Madu Berkualitas & Cara Menjaganya

Apakah Madu Bisa Kedaluwarsa? Ini Ciri Madu Berkualitas & Cara Menjaganya

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda bertanya-tanya, apakah madu bisa kedaluwarsa? Begini faktanya.

Madu adalah salah satu jenis makanan yang cukup sulit dibedakan antara yang palsu dengan yang asli. Karena perbedaan asli/palsu ini dapat memengaruhi kualitas suatu madu yang akan Anda terima.

Untuk mengetahui kualitas madu yang Anda miliki, simak beberapa fakta tentang madu berikut ini.

Baca Juga: Asli atau Palsu, Ini 9 Cara Cek Keaslian Madu Murni Menurut Para Ahli

Apakah madu bisa kedaluwarsa?

Madu alami yang diawetkan dengan baik ternyata tidak kedaluwarsa. Dilansir dari Nature Nate’s, para arkeolog menemukan madu berusia ribuan tahun di makan Mesir Kuno yang kualitasnya masih sangat bagus.

Madu asli yang disimpan dalam wadah tertutup dapat tetap stabil & berkualitas selama beberapa dekade bahkan hingga berabad-abad.

Lantas, mengapa label kemasan madu yang dijual di supermarket memiliki tanggal kedaluwarsa?

Madu yang dikemas dalam botol plastik dan biasa dijual di banyak supermarket sering mencantumkan tanggal kedaluwarsa atau tanggal terbaik untuk dikonsumsi.

Namun ternyata, tanggal tersebut didasarkan oleh perkiraan sampai kapan tingkat kesegaran & rasa yang optimal dari madu tersebut.

Baca Juga: 5 Bahan Makanan Bernutrisi Ini Baik untuk Kesehatan Kulit, Ada Madu dari Lebah Hitam

Ciri madu berkualitas

Terdapat 3 ciri madu berkualitas yang bikin madu kuat & dapat bertahan dari pembusukan, dikutip dari Better Home & Garden, yakni:

  1. Tingkat hidrasi: karena madu mengandung kurang dari 1% air, maka madu sangat tidak ramah bagi bakteri & jamur
  2. Konsistensi: tekstur madu yang tebal & kental berfungsi melindungi terhadap penetrasi oksigen yang dibutuhkan bakteri untuk bertahan hidup
  3. Keasaman: madu memiliki pH antara 3,2 & 4,5 sehingga cukup asam sehingga menghambat pertumbuhan mikroba

madu

Baca Juga: Mengapa Mint Bikin Lidah Terasa Dingin? Para Peneliti Menjawabnya

Mengapa 3 faktor tersebut menjadi faktor penentu suatu madu dapat dikatakan berkualitas atau tidak?

Ternyata, menurut Majalah Smithsonian yang dikutip melalui USA Today, lebah memiliki enzim di perutnya yang disebut glukosa oksidase yang bercampur dengan nektar & terurai menjadi asam glukonat & hidrogen peroksida.

Madu juga merupakan produk makanan dengan kelembapan rendah dan tingkat keasamannya yang tinggi membuat bakteri dan organisme lain tidak memiliki kesempatan untuk tumbuh di dalam stoples.

Baca Juga: Madu Hutan hingga Bunga Telang, Contoh Produk Andalan Kabupaten Lestari

Cara menjaga madu agar awet

Selama madu disimpan dengan benar dalam wadah/sel yang tertutup lilin lebah, maka madu tak akan rusak.

Meski madu tetap aman dikonsumsi dalam jangka waktu lama, namun USDA menyarankan bahwa kualitas terbaik madu adalah selama 12 bulan setelah panan.

madu

“Tanda bahwa madu telah memasuki usia 5 tahun ialah madu mulai terasa “hambar” & kehilangan sebagian rasa & aromanya,” ujar Jay Willliam, manajer di Southall Farm & Inn yang mengawasi lebih dari 4 juta lebah di lahan Southall

“Tanda lainnya bahwa madu telah salah penanganan atau terlalu panas adalah adanya stratifikasi dalam krisalisasi yang tampak seperti lapisan awan kabur saat matahari terbenam,” tambahnya.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Hanya Makan Buah Selama 72 Jam?

Jika madu yang Anda beli berbentuk cair di bagian bawah & mengkristal keras seperti batu di bagian atas toples, maka molekul fruktosa & glukosanya telah terpisah dari air & tak bisa bersatu kembali secara efektif.

Adapun kristalisasi atau granulasi di seluruh madu yang sebabkan madu mengeras, adalah sepenuhnya hal yang normal & alami.

Madu keras bisa dicairkan kembali dengan memasukkan toples madu ke dalam air hangat, namun jangan pernah memasukkannya ke dalam microwave jika tak ingin manfaat madu rusak.

Itu dia beberapa fakta mengenai madu, mulai dari apakah madu dapat kedaluwarsa, ciri madu berkualitas, hingga cara menjaga keawetan madu.

Selanjutnya: APM Kendaraan Komersial Kritik Relaksasi Impor Truk Bekas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News