Bugar

Apakah Banyak Pikiran Bisa Menyebabkan Asam Lambung Naik?

Apakah Banyak Pikiran Bisa Menyebabkan Asam Lambung Naik?

MOMSMONEY.ID - Sering dikaitkan, apakah banyak pikiran bisa menyebabkan asam lambung naik? Kupas tuntas jawabannya di sini.

Stres dan kecemasan adalah bagian dari kehidupan modern yang sering kali sulit dihindari. Banyak orang yang merasa tegang dan cemas karena pekerjaan, hubungan, atau masalah keuangan.

Di tengah tekanan tersebut, beberapa orang mungkin mulai merasakan ketidaknyamanan di perut, seperti mulas atau sensasi terbakar di dada.

Gejala ini bisa menjadi tanda bahwa asam lambung naik, yang sering kali dikaitkan dengan gaya hidup yang penuh stres. Lantas, apakah banyak pikiran bisa menyebabkan asam lambung naik?

Baca Juga: Bahaya Menahan Kencing bagi Kesehatan, Jangan Dibiasakan ya!

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa risiko mengalami gejala asam lambung meningkat pada orang yang mengalami stres. Stres dapat memengaruhi sensitivitas kerongkongan.

Dalam sebuah studi kecil pada tahun 2017, para peneliti memberikan hormon kortikotropin (CRH), yang dilepaskan saat stres, kepada peserta melalui infus intravena. Hasilnya menunjukkan bahwa CRH meningkatkan sensitivitas kerongkongan terhadap rangsangan.

Melansir dari Healthline, saat Anda berada di bawah tekanan, kerongkongan Anda menjadi lebih sensitif terhadap jumlah asam yang sedikit sekalipun.

Sensitivitas yang meningkat pada saluran pencernaan ini juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan lainnya, seperti dispepsia fungsional dan sindrom iritasi usus besar.

Studi tahun 2023 di Sri Lanka menemukan bahwa orang dengan tingkat stres sedang hingga tinggi memiliki risiko 1,95 kali lebih besar mengalami gejala asam lambung dibandingkan dengan mereka yang stresnya rendah.

Baca Juga: 8 Minuman Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan, Cocok untuk Diet!

Gejala asam lambung naik yang sering dialami oleh mereka dengan tingkat stres tinggi karena banyak pikiran meliputi:

  • Mulas
  • Regurgitasi
  • Nyeri dada
  • Batuk
  • Bersendawa

Baca Juga: Mengenali Manfaat Bayam untuk Asam Lambung, Disebut Bisa Meredakan Gejala

Sebuah studi tahun 2019 yang melibatkan survei pada mahasiswa di Arab Saudi juga menemukan bahwa GERD lebih sering terjadi pada mereka yang mengalami tingkat stres tinggi.

Kondisi kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi, juga dapat meningkatkan risiko asam lambung. Studi tahun 2021 mencatat bahwa kecemasan dan depresi lebih sering terjadi pada orang muda dengan GERD dibandingkan mereka yang tidak mengalaminya.

Tinjauan penelitian tahun 2022 menunjukkan bahwa gangguan psikososial dapat berkontribusi pada perkembangan GERD, tetapi memiliki GERD juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami masalah kesehatan mental. Kondisi seperti kecemasan dan depresi juga dapat memperburuk gejala asam lambung.

Baca Juga: Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Berlebihan, Pecinta Pedas Wajib Tahu!

Jadi, apakah banyak pikiran bisa menyebabkan asam lambung naik? Banyak pikiran dapat memicu stres bahkan depresi jika Anda tidak diatasi dengan baik. Nah, stres inilah yang dapat menyebabkan asam lambung naik.

Banyak pikiran atau stres dapat memengaruhi kesehatan lambung dan memperparah kondisi asam lambung naik. Meskipun stres mungkin tidak menjadi penyebab utama GERD, kondisi ini dapat memperburuk gejala yang ada dan membuat penderitanya merasa semakin tidak nyaman.

Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik dan menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah asam lambung naik. Dengan menjaga keseimbangan emosi dan menerapkan pola hidup yang tepat, Anda bisa mengurangi risiko kambuhnya asam lambung naik dan menjaga kesehatan pencernaan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News