Bugar

Apakah Aman Konsumsi Tape Singkong untuk Asam Lambung?

Apakah Aman Konsumsi Tape Singkong untuk Asam Lambung?

MOMSMONEY.ID - Tape singkong adalah salah satu makanan tradisional yang cukup populer di Indonesia. Namun, bagi penderita asam lambung, sering timbul pertanyaan, apakah aman konsumsi tape singkong untuk asam lambung atau tidak.

Untuk membuat tape singkong, fermentasi menggunakan ragi adalah esensial karena proses ini mengubah rasa menjadi manis dan sedikit asam. Fermentasi ini juga menghasilkan probiotik yang baik untuk pencernaan dan menghasilkan sedikit alkohol.

Baca Juga: 4 Pilihan Saus Salad Sayur untuk Diet Anda, Intip di Sini

Namun, bagi penderita asam lambung, konsumsi alkohol, termasuk makanan yang mengandung alkohol seperti tape singkong, biasanya tidak disarankan. Melansir dari laman Alodokter, alkohol dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan iritasi pada lambung.

Selain itu, ragi yang digunakan dalam fermentasi mengubah gula dan karbohidrat menjadi produk-produk yang bersifat asam, yang dapat meningkatkan gas dan asam dalam lambung.

Ini dapat memperburuk gejala pada penderita asam lambung, sehingga lebih baik menghindari makanan yang dapat memicu masalah ini.

Baca Juga: Pisang Kepok untuk Asam Lambung Amankah Dikonsumsi?

Kesimpulannya, tape singkong untuk asam lambung tidak direkomendasikan karena dapat memicu gejala yang lebih parah. Ini karena kandungan alkohol serta rasa asamnya. Penderita asam lambung dianjurkan untuk menghindari makanan satu ini, ya.

Penting untuk diingat bahwa pengelolaan asam lambung tidak hanya terbatas pada apa yang kita makan, tapi juga gaya hidup secara keseluruhan.

Menghindari makanan berlemak, berminyak, dan terlalu pedas, serta menjaga berat badan ideal dan tidak langsung berbaring setelah makan adalah beberapa langkah lainnya yang bisa membantu. Semoga bermanfaat

Selanjutnya: Ini Cara Mengubah WhatsApp Business ke WhatsApp Personal dan Sebaliknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News