Bugar

Apakah Boleh Konsumsi Kangkung untuk Asam Lambung? Ini Kata Dokter

Apakah Boleh Konsumsi Kangkung untuk Asam Lambung? Ini Kata Dokter

MOMSMONEY.ID - Sering jadi pertanyaan, apakah boleh konsumsi kangkung untuk penderita asam lambung? Simak jawabannya di sini.

Bagi penderita asam lambung, memilih makanan yang tepat merupakan langkah penting untuk mengendalikan gejala dan mencegah terjadinya komplikasi. Salah satu sayuran yang sering menjadi pertanyaan adalah kangkung.

Apakah boleh konsumsi kangkung untuk penderita asam lambung?

Dikutip dari laman Alodokter, Dr. Nadia Nurotul Fuadah mengatakan, secara umum, konsumsi kangkung tidak dilarang secara mutlak bagi penderita penyakit asam lambung.

Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, kangkung dapat menyebabkan pembentukan gas yang berlebihan di lambung. Hal ini kemudian dapat menimbulkan sensasi kembung, mual, sesak napas, rasa perih, dan berbagai ketidaknyamanan lain di sekitar lambung.

Baca Juga: Pilihan Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung yang Sehat dan Enak

Oleh karena itu, penderita penyakit asam lambung disarankan untuk mengonsumsi kangkung dan berbagai bahan pangan tersebut dalam jumlah yang wajar saja.

Sebaiknya kangkung dimasak dengan cara yang sehat, seperti direbus atau dikukus, daripada digoreng atau dimasak dengan banyak bumbu pedas dan asam. Pengolahan yang tepat dapat membantu mengurangi risiko iritasi lambung.

Penderita asam lambung harus memperhatikan porsi dan frekuensi konsumsi kangkung. Mulailah dengan porsi kecil dan perhatikan reaksi tubuh. Jika tidak terjadi gejala yang mengganggu, seperti kembung atau nyeri lambung, maka porsi bisa ditingkatkan secara bertahap.

Penting untuk memperhatikan kombinasi makanan. Hindari mengonsumsi kangkung bersamaan dengan makanan pemicu asam lambung lainnya, seperti makanan berlemak, makanan pedas, atau minuman berkafein.

Baca Juga: Dijamin Ampuh, Ini 5 Buah Penurun Asam Urat dan Kolesterol Paling Cepat

Setiap individu mungkin memiliki reaksi yang berbeda terhadap kangkung. Oleh karena itu, penting untuk memonitor reaksi tubuh setelah mengonsumsi kangkung.

Jika mengalami gejala yang memburuk, seperti nyeri lambung atau refluks asam yang lebih parah, sebaiknya hentikan konsumsi kangkung dan konsultasikan dengan dokter.

Secara keseluruhan, kangkung dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung asalkan diolah dengan cara yang tepat dan dikonsumsi dalam porsi yang wajar.

Jika ragu atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Selanjutnya: BEI Ketentuan Evaluasi Indeks LQ45, IDX30 dan IDX80, Simak Perubahannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News