Bugar

6 Pilihan Makanan untuk Penderita Diabetes biar Tidak Lemas

6 Pilihan Makanan untuk Penderita Diabetes biar Tidak Lemas

MOMSMONEY.ID - Penderita diabetes seringkali mengeluhkan badan terasa lemas. Kondisi ini rupanya bisa diatasi dengan konsumsi makanan tertentu yang dapat mengembalikan energi. Apa saja pilihan makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas?

Menyadur dari Health Grid, di bawah ini telah MomsMoney rangkumkan beberapa makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas.

1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks, seperti oatmeal, beras merah, dan quinoa, memiliki indeks glikemik yang rendah yang membantu mencegah lonjakan gula darah yang tajam dan menyediakan energi secara bertahap.

Baca Juga: Hati-Hati! Kenali 3 Tanda Kolesterol Naik Berikut ini

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian, termasuk almond dan kenari, menyediakan lemak sehat, serat, dan protein yang membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah dan menyediakan nutrisi esensial.

3. Lemak sehat dari alpukat dan minyak zaitun

Alpukat kaya akan lemak sehat dan serat yang membantu dalam pengaturan gula darah. Minyak zaitun, yang kaya lemak tak jenuh tunggal, juga membantu mengontrol gula darah dan menyediakan energi stabil.

Baca Juga: 5 Resep Salad Sayur untuk Diet yang Enak dan Mudah Dibuat, Coba yuk!

4. Produk susu rendah lemak atau alternatif nabati

Pilih produk susu rendah lemak atau alternatif nabati seperti susu almond atau kedelai yang menyediakan protein dan kalsium tanpa lemak jenuh yang tinggi.

5. Sayuran dan buah-buahan kaya serat

Sayuran seperti brokoli, wortel, dan sayuran hijau, serta buah-buahan seperti apel dan pir, kaya akan serat. Serat ini penting untuk mengontrol penyerapan gula, stabilisasi kadar gula darah, dan memberikan energi berkelanjutan.

Baca Juga: Mau Cepat Kurus? Ini 9 Olahraga Pembakar Kalori Paling Banyak

6. Protein berkualitas tinggi

Mengonsumsi sumber protein berkualitas tinggi seperti ikan, ayam tanpa kulit, dan kacang-kacangan dapat membantu stabilisasi kadar gula darah dan menyediakan energi yang tahan lama. Penting untuk menghindari daging berlemak tinggi guna menjaga kesehatan jantung.

Itulah daftar makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas. Mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat sederhana, seperti kue, permen, dan minuman bersoda, penting untuk mencegah lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan kelelahan.

Selain itu, memperhatikan ukuran porsi adalah kunci untuk menjaga kadar gula darah stabil dan menghindari lonjakan yang bisa menyebabkan kelelahan.

Minum cukup air sangat penting untuk menghindari dehidrasi yang bisa menyebabkan kelelahan. Hindari minuman manis yang bisa mempengaruhi kadar gula darah. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Cuaca Besok (13/7) di Jawa Tengah Cerah Berawan, Suhu Bisa Mencapai 34°C

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News