Bugar

Apa Saja Keluhan Penderita Asam Urat? Inilah 9 Keluhan Umumnya

Apa Saja Keluhan Penderita Asam Urat? Inilah 9 Keluhan Umumnya

MOMSMONEY.ID - Apa saja keluhan penderita asam urat? Yuk, simak beberapa keluhan umumnya berikut ini.

Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah menjadi terlalu tinggi, sehingga mengakibatkan pembentukan kristal urat di sendi dan jaringan sekitarnya.

Penyakit ini bisa sangat menyakitkan dan mengganggu kualitas hidup penderitanya. Lantas, apa saja keluhan penderita asam urat?

Menyadur dari Hello Sehat, berikut ini adalah beberapa keluhannya:

1. Nyeri Sendi

Salah satu keluhan paling umum dari asam urat adalah nyeri sendi yang hebat, sering kali terjadi di jempol kaki. Nyeri ini bisa muncul tiba-tiba, biasanya di pagi hari, dan bisa menjadi sangat intens dalam 4-12 jam pertama.

2. Kemerahan di Sekitar Sendi

Kulit di sekitar sendi yang terkena mungkin tampak kemerahan, sebuah tanda umum dari peradangan. Kemerahan ini terjadi karena peningkatan aliran darah ke area yang terkena sebagai respons terhadap peradangan.

Baca Juga: Diet Telur Rebus Kuningnya Dimakan atau Tidak? Ini Jawabannya

3. Sendi Terasa Panas

Anda mungkin merasa sendi yang terkena asam urat panas atau bahkan terasa terbakar. Ini adalah hasil dari peradangan yang meningkatkan suhu di area tersebut.

4. Kekakuan Sendi

Seiring waktu, terutama jika Anda sering mengalami serangan asam urat atau menderita gout kronis, sendi Anda bisa menjadi kaku dan sulit digerakkan.

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat untuk Diet, Bantu Turunkan BB

5. Sendi Bengkak dan Lunak

Sendi yang terpengaruh oleh asam urat biasanya akan terlihat bengkak dan terasa lunak jika ditekan. Ini disebabkan oleh kristal asam urat yang tajam dan keras yang menggesek lapisan pelindung sendi, menyebabkan peradangan.

6. Tophi

Dalam kasus yang parah, kristal asam urat bisa menumpuk di bawah kulit, sehingga membentuk benjolan keras yang disebut tophi. Tophi bisa muncul di berbagai tempat seperti jari kaki, tumit, lutut, jari, siku, dan telinga.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Karena Apa? Ternyata Ini Beberapa Penyebabnya

7. Pembentukan Batu Ginjal

Kristal asam urat juga bisa membentuk batu ginjal, yang merupakan komplikasi lebih lanjut dari asam urat. Batu ini bisa menyebabkan nyeri yang sangat hebat.

8. Nyeri Punggung atau Pinggul

Meski jarang, asam urat juga bisa menyebar ke sendi di tulang belakang. Kondisi ini menyebabkan nyeri punggung atau pinggul, terutama di sendi sacroiliac yang terletak di kedua sisi panggul.

Baca Juga: 5 Tanda Paru-Paru Bermasalah, Salah Satunya Sesak Napas

9. Gejala Mirip Flu

Jika asam urat tidak ditangani, ini bisa menyebabkan peradangan yang parah dan menyebabkan gejala yang mirip dengan flu, seperti demam, nyeri otot, dan kelelahan.

Nah, itulah ulasan terkait apa saja keluhan penderita asam urat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News