Bugar

5 Tanda Paru-Paru Bermasalah, Salah Satunya Sesak Napas

5 Tanda Paru-Paru Bermasalah, Salah Satunya Sesak Napas

MOMSMONEY.ID - Paru-paru adalah organ vital yang berperan penting dalam sistem pernapasan. Fungsinya yang utama adalah untuk mengambil oksigen dari udara dan mengeluarkan karbon dioksida dari tubuh. Namun, berbagai faktor seperti polusi, rokok, infeksi, dan penyakit kronis bisa mengganggu fungsi paru-paru. Apa saja tanda paru-paru bermasalah?

Memahami tanda-tandanya adalah kunci untuk mendeteksi masalah paru-paru sejak dini dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Menyadur dari Alodokter, berikut adalah beberapa tanda paru-paru bermasalah:

1. Sesak Napas

Sesak napas yang terjadi tiba-tiba sering menjadi tanda awal adanya masalah pada paru-paru. Kondisi ini muncul ketika ada penyempitan atau penyumbatan yang menghambat aliran udara ke dan dari paru-paru, sehingga menyebabkan penurunan oksigen yang diterima oleh tubuh.

Kondisi ini memaksa tubuh untuk meningkatkan frekuensi napas, seringkali lebih dari 25 kali per menit pada orang dewasa, sebagai upaya untuk menarik lebih banyak udara.

Baca Juga: Moms, Ini Bahan Skincare yang Aman untuk Ibu Menyusui

2. Suara Napas Mengi

Suara mengi saat bernapas merupakan tanda klasik dari asma, yang jika tidak ditangani bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru dan mengurangi efisiensi pengiriman oksigen ke seluruh tubuh. Mengi seringkali terjadi bersamaan dengan sesak napas dan nyeri dada.

3. Nyeri Dada

Nyeri pada dada tidak hanya berkaitan dengan masalah jantung, tetapi juga bisa menjadi indikator masalah paru-paru. Pleuritis, abses paru, atau atelektasis bisa menyebabkan nyeri dada yang serius. Nyeri biasanya terasa tajam dan bisa memburuk saat batuk, bersin, tertawa, atau bergerak.

Baca Juga: Hati-Hati, Beginilah Gejala Ginjal Bocor yang Tak Banyak Diketahui

4. Batuk Berkepanjangan

Batuk yang berlangsung lama dan tidak kunjung sembuh, khususnya yang disertai dengan produksi dahak yang berwarna kuning, hijau, atau bahkan mengandung darah, dapat menandakan adanya gangguan serius.

Penyakit seperti TBC seringkali ditandai dengan batuk berkepanjangan yang bisa disertai demam kronis, penurunan berat badan yang signifikan, dan pembesaran kelenjar getah bening.

5. Sianosis atau Kebiruan pada Bibir dan Kulit

Kondisi ini terjadi ketika darah kekurangan oksigen, yang sering terjadi pada kasus paru-paru yang serius. Sianosis menunjukkan bahwa masalah paru-paru sudah pada tahap lanjut dan memerlukan perhatian medis segera.

Baca Juga: Perhatikan! Ini 5 Gejala Asam Urat pada Kaki yang Penting untuk Dikenali

Itulah beberapa tanda paru-paru bermasalah yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mengalami tanda di atas, segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan lanjutan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News